Forum Anak Situbondo Belajar Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO)

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Dokumentasi FA Situbondo

Oleh : Rekso Sandany

Assalamualaikum dan salam sejahtera buat teman-teman Forum Anak se-Indonesia!
Pada kesempatan kali ini, kami dari Forum Anak Situbondo ingin berbagi kisah. Melalui perantaraan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kab. Situbondo, Forum Anak Situbondo melaksanakan Pelatihan Bahasa Isyarat dan Ramah Disabilitas yang bekerjasama dengan Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Situbondo pada tanggal 23 Desember 2017 yang lalu. Pelatihan ini dilangsungkan di Rumah Makan Restu Jalan PB. Sudirman Situbondo dan dihadiri oleh para fungsionaris Forum Anak, kakak-kakak dari PPDI, teman-teman tuli, serta kakak-kakak mahasiswa pemerhati anak dan disabilitas dari Universitas Abdurrahman Saleh (UNARS) dan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Persatuan Guru Republik Indonesia (IKIP - PGRI) Situbondo.

Narasumber dalam pelatihan ini adalah Kak Rieka Aprillia Hermansyah selaku Ketua Komunitas Aksi Arek (Akar) Tuli Malang. Kak Rieka, begitu ia biasa disapa, menyampaikan materinya melalui penerjemah bahasa isyarat, Randi Dwi Anggriawan. Disebutkan bahwa tuli (atau deaf) merupakan bukan kata-kata kasar, karena tuli berarti tidak bisa mendengar. Kak Rieka lebih menghormati dan mengapresiasi mereka yang menyebut dirinya sebagai seorang tuli, bukan seorang tuna rungu. Istilah tuli sebenarnya sudah aja sejak tahun 1961 lo, teman-teman. Hal itu dapat dibuktikan dengan secarik surat yang berisi pesan Presiden Soekarno, presiden pertama kita, kepada seorang pelajar tuli di Surakarta. Jadi, mulai sekarang, kita gunakan istilah tuli, bukannya tuna rungu yaa teman-teman...

Kak Rieka juga berbagi ilmu bahasa isyarat. Bahasa isyarat yang digunakan adalah bahasa isyarat Indonesia (BISINDO), yang banyak digunakan oleh teman-teman tuli. Belajar bahasa isyarat ternyata menyenangkan dan tidak sesulit yang dibayangkan sebelumnya lhoo... Selain belajar abjad A-Z dalam bahasa isyarat, kami juga belajar sejumlah kosa kata. Forum Anak misalkan, bahasa isyaratnya adalah kedua tangan bergerak melingkar dari depan ke belakang membentuk sebuah wadah (forum) dan tangan direndahkan kemudian membentuk gerakan naik-turun kecil berulang dua kali seperti seolah-olah menenangkan orang yang marah (anak). Ternyata, kosa kata dalam bahasa isyarat dapat dinalar dengan mudah teman-teman.

Kami tidak sabar untuk terus mempraktikkan ilmu yang kami dapatkan bersama teman-teman tuli yang tergabung dalam Forum Anak Situbondo. Semoga melalui kegiatan ini Forum Anak Situbondo menjadi wadah partisipasi anak yang inklusif, tanpa diskriminasi, mampu memberikan manfaat bagi anak tanpa terkecuali.

Demikian cerita kami dari Tanah Baluran, Jawa Timur. Sampai jumpa di cerita kami selanjutnya!
Wassalamualaikum!!!!
 
Source : Dokumentasi FA Situbondo
Kiriman Lainnya