Forum Anak Prov. Sulawesi Tengah Berbagi Bersama Anak Jalanan

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Dok. Forum Anak Sulawesi Tengah

Sebagai umat beragama sudah sepantasnya kita saling bertoleransi antar sesama. Bertepatan dengan bulan Ramadhan tepatnya 11 Juni 2016, Forum Anak Sulawesi Tengah melaksanakan kegiatan Berbagi Bersama Anak Jalanan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kawatuna. Kegiatan ini merupakan program kerja dari divisi Jaringan Anak. Agenda pada kegiatan kali ini yaitu bagi-bagi takjil dan buka bersama.

Mulai dari TPA Kawatuna. Melihat kondisi lingkungan dan situasi setempat, tentunya akan langsung terlintas di benak kita,  bagaimana anak-anak disini mendapat tempat yang layak untuk bermain dan belajar, mendapatkan asupan gizi seimbang  dan menegakan hak-hak yang harusnya mereka miliki. Kebanyakan anak-anak dikawasan ini yang seharusnya bersekolah malah membantu orangtuanya bekerja dan memilah sampah demi kebutuhan mencukupi kebutuhan sehari-hari. Kurangnya pendidikan orang tua yang membuat mereka tidak berpikir panjang tentang masa depan anak mereka. Yang mereka ketahui hanyalah bagaimana anak mereka dapat menghasilkan uang dengan cepat. Hal inilah yang membuat Forum Anak Prov. Sulawesi Tengah memilih TPA Kawatuna sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan ini.

Tak hanya berbagi takjil dan berbuka bersama. Forum Anak Prov. Sulawesi Tengah  juga tak lupa akan tugasnya sebagai wadah partisipasi anak dan perpanjangan tangan dari pemerintah untuk memenuhi hak anak-anak yang jauh dari jangkauan pemerintah. Sambil membagikan takjil, anggota Forum Anak Prov. Sulawesi Tengah juga menyampaikan secara ringkas dengan gaya penyampaian yang mudah dipahami masyarakat setempat tentang pentingnya pendidikan, asupan gizi seimbang bagi kesehatan anak, dan kebersihan lingkungan. Kegiatan ini juga menjadi bagian aksi nyata Forum Anak Sulawesi Tengah dalam memenuhi hak tumbuh kembang anak TPA Kawatuna dan merealisasikan bentuk empati anggota Forum Anak atas kepedulian terhadap anak-anak jalanan TPA Kawatuna yang membutuhkan. Program ini menjadi sebuah pengingat batin akan banyaknya anak di Indonesia yang belum mendapatkan kehidupan yang sejahtera lahir batin, bertempat tinggal di tempat yang layak, dan masih kurangnya akses kesehatan yang memadai.
 
Melalui kegiatan ini, kami berharap agar masyarakat dan pemerintah lebih sadar tentang pentingnya lingkungan dalam tumbuh kembang anak serta meningkatnya rasa toleransi kita sebagai anak Indonesia yang hidup, tumbuh dan berkembang serta berpartisipasi di tengah perbedaan bangsa kita.
Source : Dok. Forum Anak Sulawesi Tengah
Kiriman Lainnya