FORUM ANAK KOTA PARIAMAN PEDULI

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Dokumentasi Kegiatan dan Google

Pengertian perubahan iklim menurut Wikipedia adalah perubahan yang terjadi secara signifikan mengenai pola cuaca yang dihitung berdasarkan angka statistik dalam rentang waktu puluhan hingga ratusan tahun lamanya. Banyak faktor yang mempengaruhi terjadi perubahan iklim seperti proses biologis, radiasi sinar matahari, tekanan tektonik, erupsi gunung berapi, dan masih banyak lagi.

Sedangkan pengertian perubahan iklim menurut Enviromental Protection Agency (EPA) adalah perubahan iklim secara signifikan yang terjadi pada periode waktu tertentu. Dengan kata lain, perubahan iklim juga bisa diartikan sebagai perubahan suhu yang drastis, curah hujan, pola angin, dan lain sebagainya. Perlu diketahui bahwa suhu bumi perubah satu derajat dalam tempo 100 tahun terakhir.
 
Penyebab perubahan iklim
 
Terjadinya peristuwa perubahan iklim bukan terjadi secara tiba-tiba. Ini dikarenakan ada faktor-faktor penyebabnya baik itukarena fenomena alam maupun karena tingkah laku manusia. Dan inilah beberapa penyebab perubahan iklim:
 1. Aktivitas manusia seperti penebangan hutan secara liar
 2. Terjadinya fenomena pemanasan global
 3. Terjadinya peristiwa efek rumah kaca       
 4. Terjadinya EL Nino dan EL Nina di lautan
 5. Menipisnya lapisan ozon di atmosfir bumi

 
Dampak perubahan iklim
 
Dampak perubahan iklim merupakan sesuatu yang dikhawatirkan bagi penduduk bumi. Bagai mana tidak, dampak perubahan iklim sangat mengerikan karena bisa mengancam kehidupan umat manusia. 

Salah satu dampak perubahan iklim yang sering terjadi di Indonesia adalah merebaknya wabah penyakit dan bencana alam seperti gempa bumi, banjir, tanah longsor, tsunami, dan kebakaran. Maka dari itu kami pengurus Forum Anak Kota Pariaman melaksanakan kegiatan sosial yang diberi nama Forum Anak Kota Pariaman Peduli, yang diselenggarakan pada hari Rabu, 5 April 2017. Kegiatan ini dilakukan dengan menyebarkan serta mensosialisasikan kepada warga dengan cara mengunjungi satu persatu warga kota pariaman, baik itu orang dewasa, remaja, ataupun anak anak, serta menempelkan poster ke tempat tempat umum seperti : pombensin, sekolah, mushola, tiang listrik  dan pos kamling.

Poster adalah alat puplikasi yang terdiri atas tulisan, gambar ataupun kombinasi antar keduanya dengan tujuan memberikan informasi kepada khalayak ramai. Poster yang kami sebarkan berupa poster kesehatan, siaga bencana seperti waspada terhadap bahaya kebakaran, banjir, tanah longsor dan tsunami. Kami menempelkan poster ditempat tempat umum, bertujuan agar semua warga mendapatkan informasi penting seperti: nomor panggilan darurat  mengenai kebakaran, banjir, tanah longsor, tsunami dan gempa bumi, setelah menempelkan poster, kami mengunjungi warga Kota Pariaman untuk mensosialisasikan tentang perubahan iklim, dampak dari perubahan iklim dan siaga bencana serta menempelkan poster didepan rumah warga.

Peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini dimulai dari pengenalan tentang Forum Anak Kota Pariaman, pengenalan tentang perubahan iklim, faktor penyebab perubahan iklim, dampak dari perubahan iklim serta cara menanggulangi perubahan iklim, sehingga memperkecil jumlah korban jiwa dan kerugian akibat bencana alam yang sering terjadi akibat perubahan iklim, serta menghimbau warga Kota Pariaman akan pentingnya untuk menjaga alam.
 
Source : Dokumentasi Kegiatan dan Google
Kiriman Lainnya