Forum Anak Kecamatan Pinggir membuat sebuah kegiatan yang dibungkus dengan judul "YUK KENALI HAK-HAK ANAK" tingkat Sekolah Dasar yang bertujuan untuk menambah pengetahuan masyarakat tentang Hak Dasar Anak yang wajib dipenuhi

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : https://www.instagram.com/forumanakkecamatanpinggir/

28 Juni 2016 yang lalu, Alhamdulillah Forum Anak Kecamatan Pinggir (FAN-GIR) sukses dalam program "Yuk Kenali Hak-Hak Anak" pada tingkat Sekolah Dasar (SD). Pada kesempatan ini, kami membuat program ini dengan memohon izin tempat di MDTA An-Na'im Kelurahan Titian Antui dengan mengajak anak-anak yang ada di Kecamatan Pinggir terutama Kelurahan Titian Antui yang berusia SD. Pada program ini, kami memberi bekal untuk mereka yang berusia rentan ini jika tiba-tiba mendapat suatu perlakuan yang seharusnya tidak mereka dapatkan. Kami kemudian menyuguhkan sebuah materi tentang "4 Hak Dasar Anak" yaitu hidup, tumbuh kembang, perlindungan, dan partisipasi.

Dalam menjelaskan materi ini, kami membawakan dengan menampilkan ppt dan dilengkapi dengan games dan tepukan hak anak agar anak-anak yang menjadi sasaran kami lebih mudah untuk menerima, menanggapi, serta memahami tentang 4 hak dasar anak ini. Kemudian, dari materi 4 hak dasaar anak tadi, kami fokuskan pada "Perlindungan Terhadap Kekerasan Pada Anak". Dalam mengupayakan pemahaman anak dalam hal ini, kami menyuguhkan 2 buah video yang tidak berdurasi lama, dalam video tersebut tergambar lah bagaimana tindakan sebaiknya seorang anak jika menemukan atau mendapatkan atau menerima hal-hal yang tidak seharusnya diberikan kepada mereka (ex : tindakan kekerasan pada anak seperti memukul dsb, dan tindakan kekerasan seksual pada anak).

Video yang kami berikan juga bukan video yang tidak layak anak. Namun, video yang kami suguhkan adalah video animasi yang memang khusus untuk di tonton oleh seorang anak berusia SD. Kami mengambil video tersebut melalui aplikasi youtube pada channel UNICEF.

Berbeda dari kegiatan biasanya, demi mengaplikasi kan hak anak yaitu partisipasi, kami memberikan ruang dan kebebasan untuk anak-anak peserta YKH2A dalam berpartisipasi mengeluarkan bakat dan kreatifitasnya dalam menghias badge mereka. Badge peserta yang kami sediakan adalah badge kosong yang kemudian di hias dan diperindah oleh mereka.

Disana, kami berusaha untuk memunculkan imajinasi peserta. Dan pada akhir rangkaian program ini, kami mengajak anak-anak untuk mengkampanyekan salam lima jari yaitu "Stop Kekerasan Terhadap Anak" dengan cara menandatangani kertas panjang berukuran spanduk 1 x 4 m yang berisikan tulisan stop kekerasan terhadap anak tersebut. Dikarenakan dalam penyampaian materi, kami lebih banyak mempertegasnya oleh games, dan kami juga memberikan lebih banyak permainan lainnya serta memperkenalkan tentang lagu-lagu anak, maka anak-anak pun tampak lebih antusias dari yang kami perkirakan. Lebih bersemangat dan lebih aktif dari yang kami bayangkan. Kebanyakan dari mereka juga meminta agar program serupa diadakan kembali.

Dengan keceriaan dan tertawa bahagia mereka, kami sebagai panitia pun merasa sangat terhibur dan kami bertekad untuk menjadikan kegiatan ini menjadi agenda tahunan Forum Anak Kecamatan Pinggir.
Source : https://www.instagram.com/forumanakkecamatanpinggir/
Kiriman Lainnya