FORUM ANAK JOMBANG DI POSYANDU REMAJA, SAHABAT TERDEKAT REMAJA TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Forum Anak Jombang

Pubertas merupakan hal yang tidak dapat dilewatkan oleh remaja manapun. Terjadinya pubertas biasanya terjadi pada usia 10 – 16 tahun. Tapi apakah semua anak anak di Negara kita ini mengetahui apakah itu pubertas, apa saja yang terjadi selama pubertas, apa dampak pubertas bagi diri mereka, apakah ada hubungannya dengan alat reproduksi remaja, dan apa yang harus dilakukan oleh remaja yang sedang mengalami masa pubertas.

Berkaitan dengan keterbatasannnya kemampuan posyandu di desa untuk mendatangkan narasumber yang memiliki kemampuan untuk bisa berbicara secara langsung dengan remaja didesa membuat posyandu remaja di kecamatan Megaluh, Kab. Jombang, Jawa Timur mengundang beberapa perwakilan Forum Anak Jombang untuk bisa datang dan memaparkan apa saja hal hal yang perlu diketahui mengenai pubertas dan juga kesehatan reproduksi.

Mengapa diperlukan adanya penjelasan mengenai berbagai hal mengenai kesehatan reproduksi dan pubertas remaja? Keterbasan pengetahuan di desa yang berada di pinggiran membuat remaja menjadi buta mengenai bahaya tentang seks beresiko yang dapat mengakibatkan pernikahan usia anak yang tak jarang terjadi di Indonesia.

Posyandu remaja di Megaluh ini mengundang anak anak mulai dari umur 6 tahun hingga berumur 17 tahun. Disana mereka disuguhi materi mengenai apa saja pentingnya untuk menjaga diri agar tidak mendekati seks beresiko di usia anak. Interaksi yang sangat dekat dengan pemateri dan peserta pun membuat kami, Forum Anak Jombang dapat mengetahui kehidupan remaja di kec. Megaluh ini.

Kegiatan posyandu remaja ini dilaksanakan pada tanggal 24 Ferbuari 2017. Dengan beberapa perwakilan dari Forum Anak Jombang yang bergantian untuk menyapa dan saling melempar pertanyaan dengan anak anak dari kec. Megaluh ini.

Mengapa posyandu remaja dikatakan sebagai sahabat terdekat remaja tentang kesehatan reproduksi? Tentunya posyandu ini adalah sahabat kedua setelah orang tua sebagai orang terdekat yang selalu berinteraksi dengan kita. Pada dasarnya posyandu merupakan pos pelayanan yang selalu ada disetiap desa. Maka dari itu kegiatan remaja yang selalu berdekatan di lingkungannya sendiri yang juga dekat dengan posyandu ini menjadikan posyandu remaja menjadi sahabat paling dekat bagi remaja untuk bertanya.

Maka dari itu lah melalui kegiatan yang kecil dan terbukti tindakannya ini kita dapat mengurangi sedikit demi sedikit pernikahan usia anak dan mengubah mengubah mindset remaja untuk menjauhi kegiatan seks beresiko.   
 
Source : Forum Anak Jombang
Kiriman Lainnya