Oleh : Forum Anak Kabupaten Situbondo
Kategori : Liputan

Oleh : Muhammad Tegar W

Halo anak Indonesia...
Hari ini Forum Anak Kabupaten Situbondo menampilkan drama di acara Malam Resepsi Peringatan HUT ke-73 Republik Indonesia di Kantor Kecamatan Kota pada hari Jumat, 31 Agustus 2018. Drama ini tidak hanya dimainkan oleh teman-teman Forum anak Kabupaten, tapi kami juga berkolaborasi dengan Forum Anak Kecamatan loh. Tidak ketinggalan temen-temen difabel dari PPDI (Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia) dan dari KDD (Kelompok Difabel Desa) Olean ikut dalam pertunjukan drama ini.Kami menampilkan drama yang menggambarkan bahwa masih marak perundungan/bullying terhadap anak difabel. Nahh penasaran kan dengan ceritanya???

Drama kami diawali dengan sekelompok remaja desa sedang mempersiapkan acara lomba Agustusan dan sibuk mempersiapkan segala sesuatunya. Dari kejauhan anak-anak difabel berjalan ke arah mereka dan tanpa disengaja salah satu dari anak difabel ini menyenggol panitia sehingga barang barang yang akan di pasang itu telempar dan berantakan. Suasana semakin memanas saat panitia memarahi teman difabel yang menabraknya. Ada salah satu teman difabel lain yang berusaha untuk melerai. Suasana semakin memanas dan hampir terjadi perkelahian, hingga ada seorang yang bijak melihat perdebatan itu orang tersebut. Tanpa pikir panjang orang bijak itu memberikan uang ganti rugi atas kerusakan yang diakibatkan anak-anak difabel tadi.

Hari berikutnya pendaftaran peserta lomba dibuka dan anak-anak difabel juga ingin mengikuti lomba tersebut. Panitia menolak keikutsertaan anak-anak difabel, karena dinilai akan mengganggu jalannya perlombaan. Anak difabel bersikeras untuk ikut lomba hingga panitia mengusir anak-anak difabel. Dengan terpaksa akhirnya mereka pergi, diiringi dengan penampilan puisi yang dibacakan oleh Mbak Fitri dari KDD Olean. Setelah puisi di bacakan datanglah peri bijak yang bernyanyi serta berjoget. Peri-peri itu mengubah perangai buruk para panitia lomba yang telah melukai perasaan anak difabel. Dengan tongkat ajaibnya, peri-peri itu mempersatukan kami. Kamipun menjadi sadar akan pentingnya menjaga persatuan ditengah perbedaan. Akhirnya kelompok anak desa dan anak-anak difabel berdamai dan saling memaafkan.

Di akhir drama kami mengajak semua penonton untuk bernyanyi lagu "Gebyar Gebyar". Suasana malam itu menyenangkan karena acara berjalan sesuai rencana.

Tunggu cerita kami selanjutnya yaa
Bye....

SHARE!

Forum Anak Kabupaten Situbondo

"Forum Anak Kabupaten Situbondo didirikan pada tanggal 04 November 2011 sebagai wadah partisipasi anak Situbondo dalam pembangunan. Di usianya yang ke-7 tahun ini, Forum Anak Situbondo terus berupaya menemukan cara terbaik dalam meneruskan aspirasi anak Kota Santri. Kami menyadari bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang belum terselesaikan. Masih banyak teman-teman sebaya kami yang belum mendapatkan hak-hak mereka. Maka, kami akan selalu berikhtiar seraya mengadahkan tangan memohon pada hadirat Tuhan, agar senantiasa membimbing dan memberikan keteguhan hati ini. Aamiin..."

Follow


50 Mading