• 13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
oleh Dewi Candra Nur Fadilla

Nama saya adalah Dewi Candra Nur Fadilla. Biasa dipanggil Dilla. Saya kelas X, bersekolah di SMAN 2 Situbondo. Saya adalah anggota baru di Forum Anak Kabupaten Situbondo (FAKASIBOND). Dan Desa Gunung Putri Kecamatan Suboh adalah kunjungan pertama saya sebagai anggota Forum Anak. Saya berkunjung ke Gunung Putri menghadiri Pembinaan terpadu program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) pada hari Senin tanggal 22 Oktober 2018. Saya ditemani Kak Fahri sebagai fasilitator di Forum Anak.

Untuk menuju ke Desa Gunung Putri, kami melewati jalan yang cukup terjal dan susah menggunakan mobil. Layaknya sedang naik gunung. Suasananya cukup panas dan memprihatinkan, nampak karena keringnya tumbuhan yang terdapat di sepanjang jalan. Jalan yang ada di Gunung Putri sudah diaspal meskipun aspalnya sudah mulai rusak. Sesampainya di kantor kepala desa, suasananya sangat ramai. Ada banyak ibu ibu PKK penduduk Gunung Putri. Dan ada juga Bu Kadesnya. Saat acara di mulai, semua hadirin berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars PKK, dan Mars Situbondo. Setelah itu semua hadirin duduk dan berdoa agar diberi kelancaran dalam acara tersebut.

Selanjutnya ada sambutan dari Bu Kades dan yang lainnya. Setelah memberi sambutan, ibu-ibu yang sudah hadir diminta untuk berkelompok sesuai bidangnya masing masing untuk diberi pembinaan. Disinilah saya dan Kak Fahri termasuk kedalam bagian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Kak Fahri menjelaskan tentang Forum Anak dan saya bertugas membagikan brosur. Kak Fahri menjelaskan bahwa yang disebut usia anak itu usia dari 0-18 Tahun. Disitu saya jadi tahu bagaimana cara menjelaskan sosialisasi perlindungan anak. Selain itu juga dijelaskan tentang anak difabel dan non-difabel, dan masih banyak lagi.

Dari kegiatan tersebut, saya mendapatkan pengalaman dan pembelajaran yang sangat banyak. Saya juga tahu bagaimana keadaan Desa Gunung Putri. Di desa tersebut, masih kekurangan fasilitas kesehatan. Belum ada ambulan desa. Jadi jika ada penduduk yang sakit atau perempuan yang mau melahirkan, untuk menuju ke rumah sakit atau puskesmas terdekat harus menuruni gunung menggunakan sepeda motor. Penduduk Desa Gunung Putri sangat ramah. Saya senang sekali bisa hadir dalam acara tersebut.
Sumber Gambar : Dokumentasi Forum Anak Kabupaten Situbondo
Kiriman lainnya
Kiriman Forum Anak Kabupaten Situbondo