FABT ASSARE - "Ajang Silaturahmi dan Share Rezeki"

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Dokumen Pribadi

Di bulan Ramadhan, kami melaksanakan kegiatan yang dapat menjadi ajang silaturahim untuk anak-anak bantaeng, mendapatkan berkah, dan untuk mengembangkan kreativitas mereka. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, terdapat 3 kegiatan inti yaitu Lomba Nuansa Islami, Berbagi Takjil, dan Buka Puasa bersama. Kegiatan ini kami laksanakan pada tanggal 27 juni 2016 di Balai Kartini kabupaten bantaeng.

Pukul 7:30 WITA kami semua telah berkumpul di Balai Kartini, sebelum kegiatan dimulai pada pukul 8:00 WITA, kami terlebih dahulu melaksanakan briefing tentang kesiapan kegiatan dan berdoa bersama demi kelancaran kegiatan kami tanpa ada halangan yang berarti. Pukul 8:00 kegiatan pun dimulai, tamu undangan dan peserta kegiatan mulai berdatangan untuk melakukan registrasi kemudian duduk di kursi yang disediakan. Pukul 9:00 registrasi pun selesai dan kami bersiap-siap untuk acara pembukaan FABT ASSARE ini. Pembukaan pertama-tama dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan artinya, lalu pembacaan doa, kemudian sambutan-sambutan. Pertama sambutan dari ketua FASS, kemudian dari Kadis BKB-PP dan ketiga sambutan dari Bupati Bantaeng yang diwakili oleh Skeretaris Daerah sekaligus membuka acara dengan resmi. Setelah sambutan, hiburan dari Forum Anak Butta Toa dengan menampilkan pertunjukan  musik nuansa islami dengan lagu “Ramadhan Tiba”, pada pukul 11:00 WITA pembukaan acara pun selesai. Kegiatan kami ini dihadiri oleh peserta-peserta dari berbagai kecamatan, pejabat pemerintah, Pembina, dan Dua Tallu (duta anak tahun lalu) dari berbagai daerah di Provinsi Sulawesi-Selatan.
     
Setelah pembukaan kami pun langsung melanjutkannya dengan memulai lomba nuansa islami, dengan dua jenis lomba yaitu lomba Dai-dai’ah dan Nasyid dengan tema “Asmaul Husna”. Lomba Dai-Dai’ah berlangsung selama 3 jam mulai pukul 11:00 – 14:00 WITA dengan jumlah peserta kurang lebih 20 orang.

Setelah lomba Dai-Dai’ah selesai, kami pun melaksanakan lomba selanjutnya yaitu lomba Nasyid Asmaul Husna yang berlangsung mulai pukul 14:30 – 17:00 WITA. Lomba ini juga berjalan lancar dengan penampilan yang sangat apik dari setiap peserta, peserta yang mengikuti lomba ini berjumlah 8 (delapan) grup yang mana setiap grup terdiri dari 7 (tujuh) sampai 8 (delapan) orang. Lomba pun selesai pada pukul 17:10 WITA yang kemudian dilanjutkan dengan dua kegiatan selanjutnya, yaitu Ceramah yang di bawakan oleh Ust. Hamzah Israil dan kedua Berbagi Takjil yang dilakukan oleh DUA TALLU ( duta anak tahun lalu ) bersama pengurus FABT kepada masyarakat di sekitar Balai Kartini yang tidak sempat pulang ke rumah mereka untuk berbuka puasa, seperti tukang becak dan para pedagang kaki lima. Kegiatan Berbagi Takjil selesai pada pukul 17:50 dan semuanya kembali berkumpul di Balai Kartini sembari menunggu waktu berbuka puasa sambil mendengarkan ceramah yang selesai pada pukul 18:00 WITA.

Pukul 18:00 WITA waktu berbuka puasa pun telah tiba, para pengurus segera membagikan makanan kepada para peserta, sebelum makan kami bersama dengan peserta kegiatan melaksanakan shalat magrib bersama terlebih dahulu. 20 menit berlalu waktu makan telah selesai kami pun melanjutkan acara dengan mengumumkan juara lomba, yang nantinya penghargaan akan diberikan kepada sang juara pada saat Perayaan Hari Anak Nasional Kabupaten Bantaeng pada bulan Juli 2016.

Setelah pengumuman lomba, para peserta pun meninggalkan balai kartini. Pada pukul 19:00 WITA kami melakukan rapat evaluasi kegiatan ini yang diakhiri dengan kegiatan foto bersama dengan Pembina dan para Dua Tallu.

Alhamdulillah, Kegiatan kami ini berjalan baik, semoga tujuan dari kegiatan kami ini dapat tersampaikan kepada para peserta. Harapan kami, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk anak-anak bantaeng dan mudah-mudahan kegiatan kami ini dapat kami lakukan kembali di Ramadhan selanjutnya dengan konsep yang lebih menarik.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Source : Dokumen Pribadi
Kiriman Lainnya