Jangan Sampai Salah, Rokok Kretek Itu Bukan Warisan Budaya

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar :

Jakarta, 26 April 2016 - Semenjak Akhir tahun 2015 banyak di perdebatkan bahkan saat ini masuk dalam pembahasan Undang - Undang dalam salah satu pasal yang menyebutkan Rokok Kretek sebagai Warisan Budaya.

Namun Hingga saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait Kabar Rokok Kretek Sebagai Warisan Budaya.
 

Koordinator Raya Indonesia, Hery Chariansyah, mengatakan menjadikan kretek sebagai warisan budaya tidak akan menguntungkan Indonesia, melainkan hanya industri rokok. Sebab saat ini produksi rokok di Indonesia lebih dari 90% adalah jenis kretek. Bila dijadikan warisan budaya maka pemerintah wajib melakukan upaya melindungi, mempromosikan dan melestarikannya.

“Industri rokok akan sangat diuntungkan, sementara itu masyarakat akan terkorbankan. Jadi agenda menjadikan kretek sebagai warisan budaya Indonesia adalah agenda kepentingan bisnis industri rokok yang menggunakan sentimen kultural”, kata Herry kepada SP Jakarta, Senin (25/4).

Menurut UNESCO, warisan budaya bangsa memiliki ciri-ciri, seperti orisinal, unik, memiliki nilai-nilai yang diterima di seluruh dunia, mempunyai nilai kemanusiaan secara menyeluruh serta menyejahterakan orang banyak. Dari definisi itu, jelas rokok kretek tidak termasuk.

Rokok Kretek diperkenalkan oleh Penjajah kepada Rakyat Indonesia kala itu dengan melakukan Kerja Paksa. Dari sejarahnya, tembakau jelas bukan tanaman asli Indonesia, melainkan dari Amerika Selatan dan Hindia Barat. Tembakau diperkirakan masuk ke Indonesia abad 16 dibawa oleh bangsa Portugis dan Spanyol. Pemerintahan Hindia Belanda lalu mengembangkan dan memproduksi tembakau menjadi komersial melalui sistem tanam paksa. Belanda pula yang memperkenalkan merokok. Kata rokok diadopsi dari bahasa Belanda, “roken”, artinya menghisap asap tembakau.

“Belanda menjajah Indonesia selama tiga setengah abad, sepanjang itulah rokok ditanamkan di Indonesia. Sejak itulah rokok diinovasi dengan berbagai rasa, termasuk kretek,” kata Ketua Koalisi Rakyat Bersatu Melawan Kebohongan Industri Rokok, Kartono Mohamad.

Jadi jangan sampai salah yah teman-teman. Merokok Juga bukanlah Budaya Asli Orang Indonesia.

Lansiran dari : http://www.beritasatu.com/kesehatan/361877-rokok-kretek-bukan-warisan-budaya-seperti-borobudur.html

Source :
Kiriman Lainnya