Harapan Kita Sama Semua Anak Ingin Sekolah

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar :

MAGELANG, KOMPAS.com - Statusfan.com  "Aku ingin teman-temanku di seluruh Indonesia bisa sekolah, mereka bisa belajar, punya cita-cita sepertiku," inilah sepenggal doa Farrel Nova Kurniawan, siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual), Kota Magelang, Jawa Tengah, pada Hari Pendidikan Nasional 2016.

Sebuah harapan yang ditujukan kepada seluruh anak-anak Indonesia agar dapat mengenyam pendidikan dengan layak dan menggapai cita-citanya yang mulia. Farrel mengerti bahwa masih banyak anak-anak seusianya yang tidak mampu sekolah seperti dirinya.

"Aku lihat di televisi, di jalan-jalan, masih ada anak-anak yang enggak sekolah," tutur siswa yang pernah menyabet Juara I Lomba Sepatu Roda tingkat Nasional itu.

Harapan Farrel untuk pendidikan Indonesia ini ditulisnya dalam sepucuk surat yang ditujukan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan di Jakarta. Selain surat Farrel, surat untuk Menteri Anis juga ditulis oleh ratusan anak-anak SD Mutual lainnya.

Satu per satu mereka menulis harapan dan doa mereka untuk pendidikan Indonesia dalam secarik kertas. Surat itu kemudian dimasukkan ke dalam kotak yang akan dikirim langsung ke Jakarta.

Mustaqim, Kepala SD Mutual Kota Magelang menjelaskan dalam rangka Hardiknas 2016 ini, para siswa menuliskan surat kepada Menteri Anies Baswedan. Surat itu berisi ucapan Hardiknas serta cita-cita mereka untuk pendidikan Bangsa Indonesia.

"Anak-anak ingin mengucapkan selamat Hardiknas kepala Bapak Menteri Anis. Mereka juga menuliskan cita-cita serta memotivasi Rakyat Indonesia dan pemerintah agar meningkatkan kapasitas pendidikan sehingga dapat bersaing di dunia global," ucap Mustaqim, Senin (2/5/2016).

Hardiknas di sekolah ini juga diisi dengan kegiatan sedekah buku. Seluruh siswa dengan sukarela memberikan beberapa buku mereka untuk siswa sekolah lain yang dinilai kurang mampu.

Buku-buku yang terkumpul itu juga disumbangkan kepada warga sekitar SD Mutual.

"Sedekah buku ini penting untuk menumbuhkan jiwa sosial dan kepedulian anak-anak terhadap pendidikan dan orang lain. Harapan kami, aksi ini juga dapat mendongkrak semangat serta budaya membaca masyarakat yang masih rendah dibanding negara lain," tutur dia.

Di akhir kegiatan, seluruh siswa menuliskan cita-cita di atas secarik kertas yang kemudian ditempelkan di sebuah balon. Para siswa lantas menerbangkan balon itu ke udara bersama-sama.

"Penerbangan balon cita-cita ini sebagai simbol bahwa cita-cita anak-anak itu tinggi, cita-cita luhur untuk mengangkat derajat pribadi mereka, keluarga dan bangsa Indonesia," ucap Mustaqim

Source :
Kiriman Lainnya