Ekspedisi Kapsul FCTC Tiba di Jambi, Edukasikan Bahaya Rokok kepada Pelajar

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar :

JAKARTA – “KAPSUL WAKTU FCTC”, simbol komitmen 20 Pembaharu Muda dari 17 kota di Indonesia untuk membuat aksi mendukung Indonesia aksesi FCTC (traktat internasional untuk pengendalian global epidemi tembakau) bukan hanya dalam tataran rencana tapi langsung bergerak ke nusantara.

KAPSUL WAKTU FCTC telah tiba di Jambi Minggu (10/4/2016) lalu, diserahterimakan dari Imam Rahma Sanjaya, Pembaharu Muda Pandeglang. Menurut Riawati Hastuti, aktivis Raja Youth Center (YC) PKBI yang juga Pembaharu Muda Jambi, tibanya Kapsul Waktu FCTC di Jambi disambut suka cita Komunitas Raja YC PKBI Jambi dengan melakukan sejumlah aksi untuk mendukung Indonesia aksesi FCTC.

Salah satu aksi yang dilakukan adalah edukasi bahaya rokok dan pentingnya aksesi FCTC kepada pelajar di Jambi. “Kami mengawali program edukasi di SMA Negeri 9 Jambi pada 20 April 2016,” kata Riawati dalam siaran pers di Jakarta diterima, Sabtu (23/4/2016).

Materi edukasi tentang dampak rokok bagi kesehatan dan masa depan pelajar Indonesia, dan siasat industri rokok yang sengaja membidik pasar anak muda, karena maraknya iklan rokok yang menampilkan gaya hidup remaja.

Tim berpose di jembatan pedesterian menuju menara Gentala Arasy, ikon Kota Jambi (Lentera Anak Indonesia)
Tim berpose di jembatan pedesterian menuju menara Gentala Arasy, ikon Kota Jambi (Lentera Anak Indonesia)

Ke depan, program edukasi akan dilanjutkan ke beberapa sekolah di Jambi, diantaranya SMP Negeri 17 pada 23 April 2016. Dalam edukasi ini Riawati dibantu oleh teman-temannya dari Komunitas Raja YC PKBI Jambi.

KAPSUL WAKTU FCTC Menuju Mentawai

Setelah Jambi, ekspedisi Kapsul Waktu FCTC berlanjut ke kabupaten Mentawai, Sumatera Barat. Komunitas anak muda Mentawai sudah bersiap melakukan aksi perubahan.

Yori Marlika, Pembaharu Muda Mentawai yang juga aktivis Sahabat Remaja Mentawai, menegaskan mendukung FCTC sebagai regulasi payung di bidang pengendalian tembakau yang akan menjadikan Indonesia lebih sehat.

“Khususnya bagi warga Mentawai, aksesi FCTC akan mendorong Pemda Kabupaten Mentawai lebih tegas melarang iklan dan promosi rokok dan penjualan rokok kepada anak. Kami percaya nantinya anak muda Mentawai akan lebih sehat sejahtera tanpa jeratan rokok,” tegas Yori.

Ingin tahu aksi perubahan apa yang akan dilakukan anak muda Mentawai? Tunggu berita selanjutnya dari Pembaharu Muda dari kota-kota berikut tentang EKSPEDISI KAPSUL WAKTU FCTC. (asr)

http://erabaru.net/2016/04/23/ekspedisi-kapsul-fctc-tiba-di-jambi-edukasikan-bahaya-rokok-kepada-pelajar/

Source :
Kiriman Lainnya