Oleh : Brillyant Chautshar
Kategori : Liputan

Setiap tahun terjadi jutaan kasus kecelakaan lalu lintas, dan tak jarang banyak pelajar yang menjadi korban bahkan pelaku kecelakaan. Hal ini berkaitan dengan kurangnya tingkat kesadaran masyarakat Indonesia dalam mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan salah satunya memiliki SIM.

SIM merupakan singkatan dari Surat Izin Mengemudi yang menjadi bukti apakah seseorang seseorang bisa dan mampu berkendara di jalanan, karena tidak sembarang orang dapat dengan mudah untuk mendapat surat izin yang satu ini. Ada beberapa tes yang harus diikuti calon penerima SIM diantaranya minimal berusia 17 tahun, memiliki surat keterangan sehat dari rumah sakit/puskesmas, mengikuti tes materi dan tes praktik lapangan.

Lalu, mengapa kita harus mendukung peraturan ini?

Hal ini memang patut kita perhatikan dimana angka kecelakaan berlalu lintas yang dialami pelajar sangat tinggi setiap tahunnya. 

Dan mengapa banyak terjadi kecelakaan pada pelajar?

Karena pada masa ini pemikiran seorang pelajar masih labil sehingga membelakangi resiko dari penggunaan kendaraan bermotor tanpa surat izin berkendaraan dan juga emosional dari seorang pelajar belum dapat dikontrol dengan baik untuk menggunakan kendaraan sehingga penggunanya tidak mementingkan keselamatan dirinya dan orang lain. 

Dalam hal ini pemerintah tidak memberatkan dan membebani kita karena larangan membawa kendaraan ke sekolah, namun itu semua semata-mata mementingkan keamanan dan keselamatan kita sendiri sebagai seorang pelajar dari rumah menuju sekolah dan begitupun sebaliknya. Sebagai alternatif, minta salah satu orang tua menghantar ke sekolah dan pilihan lain manfaatkan kendaraan umum demi keselamatan berlalu lintas.

"BC"
Tim Statusfan.com

SHARE


Brillyant Chautshar Terverifikasi

"Saya dari Forum Anak Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat dan menjadi Anggota Tim Statusfan.com 2017"

Follow


6 Mading


The Day of MTBS XI

Kategori : Liputan

Lindungi Anak Kita!!

Kategori : Liputan