Duduniru Ngofa Yang Dibuat Oleh Fahebat di Jailolo

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Dokumen FAHEBAT

Duduniru Ngofa adalah Pesta Permainan Tradisional Anak (PPTA), yang merupakan agenda setiap tahunya fahebat dalam mengsuseskan ftj yang diadakan pada bulan mei. Nah, serunya PPTA itu bertujuan agar kita bisa memenuhi hak kita yaitu hak bermain kemudian kita dapat melestarikan permainan tradisional yang ada di Halmahera barat dengan permainan ini.

Jenis permainan yang diperlombakan yaitu ada sem, boi tampurung, bekel, balap roda, tarik tali, benten dan yang baru ini adalah permainan tok tok yang ramai dimainkan oleh anak-anak Halmahera barat, dan mereka sangat jago-jago lho! Dan itu sangat luar biasa. Peserta Duduniru Ngofa ini adalah siswa-siswi tingkat SD dan SMP. Selain memenuhi hak-hak anak, melalui Duduniru Ngofa ini kita juga bisa melestarikan budaya permainan tradisional yang ada di Indonesia khususnya Halmahera Barat ditengah perkembangan teknologi yang membuat anak-anak lebih banyak menggunakan gadget dan bermain games online.

Panitia Pelaksanaan Duduniru Ngofa tahun 2017 ini diketuai oleh Kak Julita K. Mangar dan dibantu oleh anak-anak dari bebrapa FA di Halmahera barat, dan juga kami dibimbing oleh Kak Soan dan kak Nona sebagai Tim Fasilitator FAHEBAT yang selalu mendampingi dan memberika support kepada kami di lapangan, sungguh menyenangkan. Duduniru Ngofa berlangsung dari tanggal 8 – 13 Mei yang dilaksanakan di lapangan Sasadu Lamo.

Jauh sebelum hari H kami panitia harus menyiapkan perlengkapan-perlengkapan mulai dari bola, bekel, tempurung, roda, tali, bahkan kami harus menyiapkan sem, benteng sama boi tampurung. Kak Soan yang selalu mendampingi kami, juga mengajarkan kita bagimana menjadi pemimpin dan bias bekerja sama dengan teman-teman.

Nah, pembukaan Duduniru Ngofa yang sudah ditunggu-tunggu oleh para peserta.akhirnya dating juga, yaitu tanggal8 mei 2017, tepatnya pukul 10.00 WIT, Duduniru Ngofa dibuka langsung oleh Bapak Bupati Halmahera Barat, Bpk. Danny Missy didampingi oleh Bapak Wakil Bupati dan Jajaran SKPD Halmahera Barat. Pembukaan Duduniru Ngofa ditandai dengan dilaksanakan permainan boi tampurung yang dimainkan oleh Bpk. Bupati bersama Ibu melawan Bpk. Wakil Bupati bersama Ibu. Keseruan tercipta ketika Bpk. Bupati melempar bola kearah tumpukan tempurung dan mengenainya, pertanda permainan dimulai. Bpk. Wakil dan timnya  harus menjaga Bpk. Bupati dan timnya agar tidak menyusun tempurung begitu juga sebaliknya ketika giliran main berganti. Permainan berjalan selama 4 menit dan pada akhirnya Bpk. Bupati menang dengan skor 7 – 3 karena Bpk. Bupati banyak Mem-bow atau mematikan anggota timnya Bpk. Wakil Bupati. Sorenya, kami melanjutkan perlombaan bagian kedua pada pukul 16.00 WIT di lapangan sasadu. Perlombaan berlangsung dari hari senin sampai hari jumat yaitu perlombaan final, dan pada hari sabtu penyerahan hadiah yang diserahkan langsung oleh Bpk. Bupati Halmahera Barat.

Anak – anak Halbar yang penuh dengan semangat, keceriaan, keberanian, patut kita salut, dan Bpk. Bupati mengapresiasikan itu. Kak Julita bersama seluruh panitia Duduniru Ngofa, dan juga Kak Soan dan Kak Nona berhasil dalam menyukseskan Duduniru Ngofa 2017. “saya berharap apa yang kita dapat di lapangan mulai dari belajar kepemimpinan, sportivitas, kebersamaan dapat dijadikan pengalaman bagi kita semua sebagai anggota FAHEBAT dan semoga Duduniru Ngofa 2018  bisa lebih wow dari Tahun ini.” Kata kak Julita sebagai Ketua Panitia Duduniru Ngofa. Berakhirlah seluruh kegiatanDuduniru Ngofa 2017.
 
Source : Dokumen FAHEBAT
Kiriman Lainnya