Cara menjadi Jurnalis yang Baik

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar :

Halo semua!! Diantara kalian ada yang berniat menjadi jurnalis gak? ADA? wah pas banget nih, Akbar juga mau membahas tentang dunia kejurnalisan. kebetulan di sekolah Akbar ada mata pelajaran jurnalistik yang di ajar kan oleh kak satrio (sebenernya sih bapak,cuman karena dia guru yang masih muda jadi di panggil Aa atau kak ).
 
Jurnalistik atau Kewartawanan dikutip dari wikipedia
Kewartawanan atau jurnalisme (berasal dari kata journal) mempunyai arti catatan harian atau catatan mengenai kejadian sehari-hari, dapat juga diartikan sebagai surat kabar. Journal berasal dari istilah bahasa Latin diurnalis, yaitu orang yang melakukan pekerjaan jurnalistik.
Di Indonesia, istilah "jurnalistik" dulu dikenal dengan "publisistik". Dua istilah ini tadinya biasa dipertukarkan, hanya berbeda asalnya. Beberapa kampus di Indonesia sempat menggunakannya karena berkiblat kepada Eropa. Seiring waktu, istilah jurnalistik muncul dari Amerika Serikat dan menggantikan publisistik dengan jurnalistik. Publisistik juga digunakan untuk membahas Ilmu Komunikasi.
 
Yaps! jurnalistik memang identik dengan wartawan Akbar sendiri sempet tertarik dengan dunia jurnalistik ini cuman i think i should try something new karena di jurusan akbar ini semua tentang jurnalis diajarkan, mulai dari reportase,membuat film,majalah, berita, dokumenter dll.
oke back to the topic!
 
Kewartawanan dapat dikatakan "coretan pertama dalam sejarah". Meskipun berita seringkali ditulis dalam batas waktu terakhir, tetapi biasanya disunting sebelum diterbitkan.
Para wartawan seringkali berinteraksi dengan sumber yang kadangkala melibatkan konfidensialitas. Banyak pemerintahan Barat menjamin kebebasan dalam pemberitaan (pers).
Aktivitas utama dalam kewartawanan adalah meliput, mengolah, dan menyajikan sebuah informasi dalam bentuk berita kepada khalayak. Selain itu, dapat juga dikatakan sebagai pelaporan kejadian dengan menyatakan siapa, apa, kapan, di mana, mengapa dan bagaimana (dalam bahasa Inggris dikenal dengan 5W+1H) dan juga menjelaskan kepentingan dan akibat dari kejadian atau yang sedang hangat (trend). Kewartawanan meliputi beberapa media: korantelevisiradiomajalah dan internet sebagai pendatang baru.
 
Ngomong- ngomong akbar sendiri sekarang sedang mendalami Ilmu Komunikasi. why?because... i will take this Major in college. Because (again), Communication it's an important matter in this world. so i choose it. Now you can imagine world without communication?? for example; you want to buy a food but you not talk to the seller, how you can get the food?!. so conclusion of that example TALK is little part of communications and communication is a key to unlock this world.
 
Oke kembali lagi disini ada beberapa hal yang bikin anda-anda, kalian-kalian, Kamu-kamu semua yang ingin menjadi jurnalis yang baik :
 
 
1.     Tegas ( firm,Emphatic,) Berdasarkan pengalaman akbar magang di HRD sebuah production house, Wartawan yang mereka rekrut disini harus tegas dan gak cemen (what:v). hal ini di maksudkan juga buat menghadapi narasumber yang mungkin agak tertutup dan susah diajak kerjasama DAN Produser yang istilahnya tidak ada kata kompromi (alias rese).
2.     Good looking dan Good communication. seorang jurnalis harus mempunyai interface :v yang eyecatching minimal rapih lah. bayangin dong kalo misalnya mau wawancara narsum tetapi tampilan acak acakan,ya kabur narsumnya:D. kalo good communication sih  cara  kamu komunikasi antar sesama teman kantor, masyarakat dan siapapun itu. kalo misal kamu udah ada good impression dijamin deh bakal gampang urusan.
3.     Kreatif. selain harus terampil mencari berita, good journalist juga harus kreatif bikin artikel. Ingat! jurnalis yang baik adalah jurnalis yang jujur apa adanya.
 
Tiga Poin diatas adalah poin utama yang bisa buat kamu jadi jurnalis yang baik dan good luck bagi kalian para calon jurnalis. 
 
 
 
 
 
 
                                     everything  is possible  if we want struggle !
 
 
Source :
Kiriman Lainnya