Dengarkan Curhat Anak (Forum Anak Lombok Timur)

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Forum Anak Lombok Timur

Halo Anak Indonesia!
Salam kenal leman kanak Sasak!

Shareing atau saling berbagi adalah salah satu jalan untuk memecahkan masalah. Dengan shareing kita bisa membagi apa saja yang ada di hati yang tentunya hal itu ingin kita bagi. Di Forum Anak Lombok Timur kami mempunyai sesuatu agenda dengan nama “Dengarkan Curhat Anak”. Agenda hampir rutin kami lakukan ketika ada pertemuan rutin forum, khususnya ketika kami sedang mengadakan pertemuan di Taman kota selong.  Dan yang merupakan sasaran dari program ini adalah anak-anak jalanan, anak-anak yang memiliki masalah dan anak-tuna wiswa (kurang mampu, pengemis ataupun pemulung).
Pada suatu pertemuan, kami menemukan ada seorang anak yang berjalan sendiri. Dari kejauhan kami memperhatikan anak tersebut. Dari penampilannya anak tersebut terlihat sangat mengenaskan. Kami terus memperhatikannya dan ternyata anak tersebut keliling untuk meminta-minta. Sungguh menyedihkan, anak sekecil itu meminta-minta uang.

Ketika ia terlihat sedang beristirahat, kami berusaha untuk mendekatinya. Kemudian kami berbincang santai dengannya. Namanya Wahid berumur 10 tahun. Rumahnya tak jauh dari Taman kota tersebut, kemudian ia menceritakan bahwa dirinya masih mempunyai kedua orang tua. Bapaknya seorang pengangguran, sedangkan ibunya seorang penjual sayur keliling dengan gerobak. Kami menanyakan mengapa ia sampai meminta-minta di Taman tersebut. Dengan suaranya yang rendah ia mengatakan bahwa ia butuh uang belanja. Dia bersekolah di salah satu Madrsah Ibtidaiyah dan duduk di bangku kelas 4. Dari tuturannya dia sangat menyukai pelajaran matematika. Lalu setelah merasa cukup mengetahui tentang anak tersebut, kami menasehati agar ia tidak meminta-minta lagi.

Tidak sampai disana, kami juga selalu berusaha menyempatkan waktu untuk mendengarkan curahan hati anak-anak yang lainnya. Tetapi tidak hanya mendengarkan, kami menindak lanjuti curahan hati anak-anak tersebut dengan menyampaikannya kepada pihak berwajib seperti LPA, DP3AKB, serta yang lainnya. Tetapi sebisa mungkin kami mengatasinya sendiri.

Adapun tujuannya yang ingin dicapai dari program ini adalah agar anak-anak menjadi lebih terbuka untuk menceritakan masalah yang tengah dihadapinya. Di samping itu, program ini juga memudahkan forum anak untuk menggali informasi apakah hak-hak anak di Kabupaten Lombok Timur sudah terdapat atau belum.
 
Source : Forum Anak Lombok Timur
Kiriman Lainnya