Oleh : Uiaciel
Kategori : Berita Anak

Analisadaily (Medan) - Tiga tahun menanti, sekolah dekat pemukiman penduduk akhirnya dibangun. Ribuan masyarakat di Dusun 12, Desa Sei Rotan, Kecamatan Percut Sei Tuan menyambutnya dengan suka cita, Jumat (15/1).

Betapa tidak, upaya masyarakat meminta pihak aparatur desa sampai ke wakil rakyat terkait pendirian sekolah akhirnya disetujui. Tepatnya di Jalan Perjuangan, Dusun 12, Desa Sei Rotan, pemerintah membangun sekolah SMP Negeri 8 guna menjawab kebutuhan masyarakat setempat.

"Sudah lebih dari tiga tahun kami menanti adanya sekolah di sini, akhirnya terkabul juga. Dan anak-anak kami tidak lagi harus jauh-jauh ke desa lain untuk sekolah," ujar Sutrisno (34), Ketua Kelompok Tani Sepakat 13 di lokasi pembangunan sekolah.

Ia menambahkan, penantian masyarakat akan adanya tempat pendidikan yang dekat di kawasan mereka teramat lama dirasa. Atas keinginan itu, masyarakat di sana bersatu dan saling membantu baik bagi para penggarap lahan, maupun warga setempat guna meminta pemerintah dalam menyediakan gedung tempat pendidikan.

Menurutnya, bagi masyarakat di sana, Dusun 12, Desa Sei Rotan merupakan daerah terpencil. Mayoritas masyarakat di sana hanya mengenyam pendidikan SD dan menjadi orang tua yang berprofesi sebagai petani serta kuli.

"Karena itu, kami sepakat berkeinginan ada sekolah di sini dan menyambutnya dengan gembira," kata Chandra, warga setempat.

Guna mendukung sarana dan prasarana gedung sekolah yang baru didirikan di kawasan itu, pemerintah juga sudah mengaspal jalan yang melintasi sekolah menuju Kota Medan ditambah dengan dibukanya akses transportasi berupa mobil angkutan kota (angkot).

"Sementara, sekolah ini sudah dipakai walau cuma tiga lokal. Juga sudah ada dua angkot yang melintasi jalur ini, yaitu KPUM 02 jurusan Sei Rotan-Amplas dan Mars 65 jurusan Sei Rotan- Belawan," sambung Candra.

Salah seorang warga, Abdul (45) mengatakan, sangat terbantu dengan adanya sekolah di kawasan tempat tinggalnya. Karena itu, Abdul tak menyia-nyiakan untuk segera memasukan anaknya ke sekolah tersebut.

"Anak saya Yudi, sudah saya daftarkan dan masuk di sekolah SMPN 8 yang baru ini. Dan nantinya,anak saya sepulang sekolah, bisa cepat pulang dan membantu orang tuanya kerja di ladang. Kalau sekolahnya jauh kan payah. Makanya kami senang sekali. Untuk itu, harapan kami agar sekolah bisa selesai dibangun dan dibuat penambahan lokal lagi," harapnya.

(dgh/ln)

Sumber : http://m.analisadaily.com/read/3-tahun-menanti-smp-di-sei-rotan-dibangun/205667/2016/01/15

SHARE!

Uiaciel Terverifikasi

"Founder Statusfan.com, Anak muda yang aktif berkegiatan dan berbagi dengan anak-anak indonesia. Pengusaha Kaos Sablon Satuan, @Kaoskerenid"

Follow


185 Mading


Web Designer untuk ISBANBAN

Kategori : Berita Anak