1500 Anak Rayakan Hari Anak Nasional di Dermaga Kali Adem Muara Angke

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar :

Jakarta -  Kementerian Sosial RI melalui Direktorat Rehabilitasi Sosial mengadakan perayaan Hari Anak Nasional 2016 yang dihadiri sebanyak 1.500 anak dari wilayah pesisir Jakarta Utara dan sekitarnya di Dermaga Kali Adem Pelabuhan Muara Angke, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara pada Selasa (2/8).

Pemerintah Indonesia melalui Kemsos menekankan kesadaran‎ pada orangtua dan masyarakat untuk mencegah adanya tindakan kekerasan baik secara fisik ataupun verbal terhadap anak-anak Indonesia selama masa tumbuh kembangnya hingga remaja.

Menteri Sosial RI, Khofifah Indarparawansa‎ mengatakan anak sebagai tunas dari generasi muda menentukan kualitas dari Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang mempengaruhi kemajuan dan kesjahteraan bangsa.

"Kami minta para orang tua dan masyarakat untuk memperhatikan anak di lingkungannya masing-masing, pastikan mereka tumbuh kembang bebas dari kekerasan dan diskriminasi agar mereka menjadi pribadi yang mandiri, bertanggung jawab, dan berprestasi," ujar Khofifah, Selasa (2/8) sore di Dermaga Kali Adem, Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara.

Ia mengungkapkan dalam kegiatan yang mengambil tema One Day For Children - ‎Akhiri Kekerasan Terhadap Anak tersebut dimaksudkan untuk memastikan anak Indonesia dapat bertumbuh kembang dengan senyum demi masa depan Indonesia lebih sejahtera.

"Setiap anak Indonesia berhak untuk meningkatkan kapasitasnya untuk mendapatkan kehidupan berkualitas yang lebih baik dengan cara meningkatkan kesadaran orang tua terhadap peran dan fungsi sosial anak di tengah teman sebaya-nya dan ditengah masyarakat," lanjutnya.

Hari Anak Nasional (HAN) pada tahun 2016 ini merupakan pelaksanaannya yang ‎ketujuh tersebut merupakan kegiatan ruti yang dilaksanakan untuk memastikan tumbuh kembang anak dengan baik dan mengkampanyekan gerakan anti kekerasan terhadap anak.

"Kita memilih lokasi pesisir di Kali Adem Muara Angke ini yang diikuti kurang lebih 1.000 anak dari warga sekitar sini dan 500 anak dari Panti Kemensos di Jakarta, dimaksudkan untuk memberi semangat terhadap anak agar bisa menyongsong masa depannya lebih cemerlang," tandasnya.

Suara Pembaruan

Carlos Roy Fajarta/CAH

Suara Pembaruan

Source :
Kiriman Lainnya