Cita dalam Harap Seorang Anak Jalanan

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : facebook.com

Bulan demi bulan kami lalui dengan minimnya kegiatan di forum anak. Hingga pada tanggal 22 Februari 2017 sepulang sekolah kami pun langsung menuju ke lokasi (Perempatan Lampu Merah,Sirandu,Pemalang) dimana banyak kami jumpai anak dibawah umur sedang mencari uang recehan di jalanan. Sebetulnya rencana ini adalah rencana dadakan dan kegiatan kami dilandasi oleh keprihatinan terhadap pemandangan di jalanan.Dibantu oleh teman OSIS saya bernama (Nisa),saya(Nana),dan Dikri mulai mencuri waktu senggang mereka dengan bercerita dan membaur dengan mereka.

Berbagai pernyataan mereka lontarkan dan sangat mengejutkan. Mereka rata-rata adalah anak usia SD ada yang kelas 4,5 dan 6. Sebanyak 7 anak jalanan yang kami temui,alasan paling mendasar mereka mengapa mereka harus mengamen di jalanan adalah masalah ekonomi. Mereka menyatakan bahwa uang hasil mengamen mereka dikumpulkan untuk menambah uang jajan mereka. Padahal sebenarnya orang tua mereka sudah tahu namun karena masalah ekonomi yang minim membuat orang tua mereka mengizinkan anaknya untuk mengamen.

Cita-cita mereka tinggi dan sama seperti anak lainnya,yaitu ingin bersekolah tinggi,ada yang ingin jadi pilot,polisi bahkan TNI. Namun,terkadang cita-cita itu hanya mampu mereka pendam dalam hati saja. Mereka takut untuk menjadi pejuang mimpi. Dititik inilah hati kami tergerak,memotivasi mereka untuk terus semangat belajar dan tidak mengamen lagi. Karena kami tahu bahwa mereka generasi emas harapan bangsa. Pemerintah harus melihat hal ini.

Masalah ini telah kami sampaikan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Kabupaten Pemalang dan mendapat respon positif. Semoga dapat terwujud. Untuk anak Pemalang yang lebih baik.

Source : facebook.com
Kiriman Lainnya