Cinta dan kasih sayang orang tua kepada anak

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : wikipedia

                            CINTA DAN KASIH SAYANG ORANG TUA KEPADA ANAK
 
Seperti telah diketahui bahwa di dalam hati kedua orang tua secara fitrah akan tumbuh perasaan cinta terhadap anak dan akan tumbuh pula perasaan psikologis lainnya, salah satunya ialah mempunyai sifat seperti kebapakan dan keibuan untuk memelihara, mengasihi, menyayangi, dan memperhatikan anak. Diantara perasaan-perasaan mulia yang ditanamkan Allah di dalam hati kedua orang tua itu adalah kasih sayang terhadap anak-anak. Nah, salah satunya ialah ketika saat kita sakit, orang tua kita baik bapak maupun ibu selalu sabar merawat anaknya. Bahkan mereka juga sedikit cemas ketika anaknya lagi sakit. Andaikan perasaan perasaan  psikologis semacam itu tidak ada, mungkin kedua orang tua kita  tidak akan sabar memelihara anak-anak, tidak akan mau memperhatikan persoalan dan kepentingan-kepentingan bagi anaknya.
     
Orang yang hatinya kosong dari perasaan kasih sayang akan bersifat keras dan kasar. Tidak diragukan lagi bahwa di dalam sifat-sifat yang buruk ini akan terdapat interaksi terhadap kelainan anak-anak, dan akan membawa anak-anak kedalam penyimpangan, kebodohan dan kesusahan. Oleh karenanya sangat disayangkan jika orang tua berbuat kasar kepada anak hanya gara-gara sepele. Alangkah baiknya jika orang tua memberi nasihat kepada anak dengan mengarahkan serta mengajak anak kepada kebaikan. Yang nantinya akan berdampak pada tumbuh kembang seorang anak.

Karenanya, tidak aneh jika Al-Quran menggambarkan perasaan-perasaan yang benar ini dengan gambaran yang sebaik-baiknya. Sehingga sesekali Al-Quran menggambarkan anak-anak sebagai perhiasan hidup. “ Harta dan anak adalah perhiasan dunia...” (QS.Al-Kahfi: 46). Oleh karena itu, syariat islam telah menanamkan tabiat kasih sayang didalam hati, menganjurkan kepada orang tua, para pendidik dan orang-orang yang bertanggung jawab atas pendidikan anak dan memberikan keputusan yang terbaik bagi anak.

Allah telah memberikan kemampuan kepada manusia pada masa kecilnya dengan kemampuan menghafal dan mengigat yang luar biasa. Tak heran bila kita terkadang mengigat apa yang sudah pernah kita alami disaat masih kecil bahkan sampai menginjak dewasa. Meskipun kejadian itu sudah lampau. Kita pasti mengingat kejadian tersebut. Ada yang pernah mengalami pengalaman  menyenangkan ada juga yang mengalami pengalaman yang tidak mengenakkan saat masih kecil. Oleh karenanya, jika seorang anak saat masih kecil  harus mendapatkan kasih sayang dan harus sabar baik orang tua dan pendidik dalam memelihara, mengasuh, dan mendidik anak.
 
Dengan cinta dan kasih sayang orang tua menjadikan seorang anak lebih patuh dan taat kepada orang tua, menjalankan kewajiban dengan benar, menjadikan anak semangat belajar dan bisa bergaul bersama teman-temannya dengan baik. Oleh karenanya cinta dan kasih sayang itu sangatlah berguna bagi anaknya. Dengan demikian dapat. mempersiapkan dan membina anak-anak untuk mencapai keberhasilan dan kesuksesan paling besar.
 
Source : wikipedia
Kiriman Lainnya