• 13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
Saat ini jumlah populasi usia lanjut memiliki beberapa kondisi tubuh yang berbeda dan tentunya dalam mengeluarkan cairan dalam tubuh tentu akan berbeda. Salah satu gangguan yang sering terjadi adalah inkontinensia urin atau gangguan buang air kecil pada lansia seringkali menyebabkan kurangnya kepercayaan diri sehingga membuat tidak nyaman dalam melakukan berbagai aktifitas. Tipe gejala ini yaitu overflow yaitu urin dalam kandung kemih terlalu penuh, stress karena batuk, tertawa atau bersih dan urge yang ditandai dengan ketidakmampuan menunda berkemih setelah sensasi berkemih. Dalam mengatasi problem ini penggunaan pampers untuk orang tua adalah hal yang tepat.

Berikut adalah tips merawat orang tua diantaranya:

- Hanya perlu didengar dan jangan dibantah, lansia terkadang suka sekali berbicara dan hal ini disebabkan lansia mengalami banyak sekali hal dan merasa bahwa lebih tahu daripada anak-anak.
- Bicaralah dengan tutur kata yang santun, walaupun terkadang lansia memiliki pendengaran yang kurang dan membuat anak mengeraskan volume saat berbicara namun dengan tutur kata yang baik dan tidak kasar.
- Jawab setiap pertanyaan walaupun berulang-ulang, hal ini dikarenakan orang tua yang sudah mulai berkurang pendengaran, penglihatan dan kemampuan untuk mengingat sehingga diperlukan kesabaran lebih.

Selain itu, ketahui batasan normal, berkaitan dengan kesehatan. Ketahuilah perbandingan tekanan darah yang terbilang normal 120/80 dan jika lebih tinggi dan kurang dari 140/90 maka dikatakan sebagai prehipertensi dan lebih dari 140/90 tergolong hipertensi. Sebaiknya mengetahui semua nilai-nilai laboratorium ataupun pemeriksaan klinis bergantung pada faktor usia dan jenis kelamin. Perhatikan asupan gizi, laki-laki berusia 65-80 tahun membutuhkan 1900 kkal per hari dan berusia 80 tahun keatas membutuhkan 1525 kkal per hari, untuk perempuan usia 65-80 tahun membutuhkan 1500 kkal dan diatas 80 tahun membutuhkan 1425 kkal per hari.

Berikut adalah cara memakai produk diantaranya:

- Mengenakan popok sendiri, dengan melipat popok dengan benar dengan cara memanjang dengan bagian belakangnya menghadap keluar. Posisikan popok dari bagian depan tubuh hingga ke pantat, sesuaikan posisi popok yang nyaman bagi tubuh dan rekatkan popok dengan masing-masing dua perekat pada kedua sisi dan sesuaikan bagian tepi popok sesuai kenyamanan.
- Memakaikan popok pada orang lain, lipat popok yang digunakan, posisikan orang yang akan di pakaikan agar berbaring menghadap ke samping secara lembut, atur posisi terlentang, rekatkan popok dan sesuaikan bagian tepi agar nyaman.

Mengenakan pampers untuk orang tua secara diam-diam dengan mencari popok yang tepat dan pastikan memilih popok yang cukup kuat untuk digunakan. buatlah rencana untuk membuang popok dengan cerdik. Pilihlah pakaian yang tepat untuk menyembunyikan fakta bahwa sedang mengenakan popok dewasa. Mintalah dukungan karena mengenakan popok dapat menjadi memalukan bagi banyak orang dan fokus pada kelebihan dan kegunaan popok tersebut.
Sumber Gambar : pexels.com
Kiriman lainnya
Kiriman senasn