Oleh : TGRCampaign
Kategori : Permainan Traditional

Oleh: Nur Hamidi, Tim TGR
 
Permainan Egrang Batok atau Batok Kelapa berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan. Permainan ini biasanya dimainkan oleh suku Bugis. Bagi suku Bugis, permainan ini dikenal dengan nama Majjeka, yang berasal dari kata “jeka” yang artinya jalan.

Egrang Batok, mungkin untuk anak-anak pedesaaan zaman dahulu nama itu tidak asing. Bahkan anak-anak pedesaan sangat fasih bermain egrang sederhana tersebut. Akan tetapi, saat ini sangat jarang ditemui anak-anak yang memainkan egrang batok, bahkan mungkin banyak anak yang tidak mengetahui bagaimana bentuk egrang batok.

Banyak manfaat yang bisa diambil dari egrang batok. Beberapa manfaatnya adalah memberikan kegembiraan pada anak, mengasah kreativitas anak serta melatih motorik halus dan motorik kasar anak. Selain itu, Egrang Batok juga memupuk semangat anak dan mengajarkan anak untuk dapat memanfaatkan bahan di sekitar.
Bermain egrang batok seringkali dilombakan. Berlomba secepat mungkin berjalan menggunakan batok kelapa tersebut dari satu sisi lapangan ke sisi lapangan lainnya. Orang yang paling cepat dia lah yang menjadi pemenangnya.

Membuat egrang batok cukup mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah didapatkan di pasar. Hanya dengan bahan tempurung kelapa atau yang familiar disebut batok, tali dan alat untuk melubangi batok, kita sudah dapat membuat Egrang Batok.

(sumber : https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2014/01/15/sejarah-permainan-tradisional-egrang-batok/ )
 
Alat yang diperlukan :
  1. 2 buah batok kelapa 
  2. Tali atau tambang
  3. Parutan dan amplas 
  4. Cat dan kuas
 
Cara pembuatan egrang batok kelapa :
  1. Bersihkan batok kelapa dari serabutnya dengan menggunakan parutan dan amplas sampai halus.
  2. Lubangi batok dengan menggunakan paku buat lubangnya pada bagian batok yang tidak terlalau  keras, tepat ditengah atas batok. Sekarang gambar dan warnai batok sesuai keinginan 
  3. Kalau catnya sudah kering, pasangkan talinya dari batok yang satu ke batok yang lain. Ikat talinya di bawah kedua tempurung batok.
  4. Engrang batok sekarang siap-siap untuk digunakan

SHARE!

TGRCampaign

"✨ Traditional Games Returns ✨ Est. 2016 Komunitas Permainan Tradisional Media Partner Anak Sahabat Main di Luar Lupakan Gadgetmu, Ayo Main di Luar! #TGRCampaign "

Follow


13 Mading


Serunya bermain Bas-basan!

Kategori : Permainan Traditional

CARA BERMAIN DAN MEMBUAT EGRANG BATOK KELAPA

Kategori : Permainan Traditional

PERMAINAN BENTENG / BENTENGAN

Kategori : Permainan Traditional

Kenali Congklak-mu

Kategori : Permainan Traditional

Permainan Tradisional di Era 2017

Kategori : Permainan Traditional