Car Freeday-nya Kota Sawahlunto

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : BERKAS DAFA AWARD SAWAHLUNTO

Car Freeday-nya Kota Sawahlunto
 
Ada car freeday di Kota Sawahlunto??
Waaah! Senangnya!!

Jauh-jauh hari, kami seluruh anggota Forum Anak Kota Arang (FAKA)Sawahlunto telah berdiskusi menganai hari bebas kendaraan bermotor. Alhamdulillah, lobi kami berhasil, membujuk pemerintah Kota Sawahlunto untuk menyelenggarakan car freeday. Hari itu tanggal 12 bulan Maret 2017 merupakan hari bersejarah bagi kami, bagaimana tidak? Pada hari itu semua anak-anak Kota Sawahlunto tengah bergembira, lari sana lari sini, bersepeda, jalan santai, bercanda gurau, karena tepat pada hari itu Pemerintah Kota Sawahlunto melaunching car freeday, hal yang sangat FAKA tunggu-tunggu karena kami ingin semua anak Sawahlunto bergembira bersama tanpa ada halangan satu pun.

Car freeday merupakan hari bebas kendaraan melewati jalan pada jam yang sudah ditentukan, pada saat itulah semua anak-anak, orang dewasa berbaur untuk berolah raga dan bergembira. Kami, FAKA juga ikut andil dalam hal ini, kami menganggap bahwa anak-anak Kota Sawahlunto harus mendapatkan hak untuk bebas bermain dan berkumpul bersama. Untuk itulah kami selalu meminta kepada Pemerintah  untuk diadakannya satu hari tanpa kendaraan.

Sehari sebelum peresmian kegiatan, beberapa dari kami menyiapkan sarana dan prasarana demi mendukung lancarnya acara. Diantaranya ada yang memastikan keadaan lapangan, memasang tenda-tenda peristirahatan, dan lain sebagainya. Prioritas dari kegiatan ini adalah kehadiran dari anak-anak, maklum, kegiatan ini adalah inisiatif dari keluarga besar FAKA. Kami sangat berbahagia mendapat pojok tempat kami mendirikan posko FAKA. Namun sayang seribu kali sayang, di hari H, saya dan teman saya yang bernama David Orlando terlambat dalam acara pembukaan karena ada beberapa urusan dadakan yang mendesak. Tapi no problemlah, sebab semua telah diambil alih rekan-rekan yang lain. Setibanya saya dan David di tempat kejadian perkara, semua terlihat sudah sangat antusias mengikuti jalannya kegiatan. Kami melihat beberapa rekan FAKA juga ikut senam bergembira.
Setelah senam, walikota melaunching car freeday secara resmi. Kami sangat senang mendengarkan pernyataan Bapak Ali Yusuf, S.Pt yang merespons kegiatan positif ini.Tak lama kemudian, kami spontan menemuinya sehabis melaunching, Ainun Mardiah dan Diva Alexandra langsung mewawancarai pemimpin yang terkenal kharismanya ini.

”Apa alasan bapak setuju menyelenggarakan kegiatan ini ?”Tanya Ainun.
”Salah satu faktor mendasar kenapa bapak setuju, karena beberapa hari yang lalu di Sawahlunto, tepatnya di Talawi, banyak sekali anak-anak yang bermain sepatu roda di jalan raya kala senja menyapa,kan itu sangat berbahaya bagi anak-anak itu sendiri maupun pengendara jalan raya”
Jawab Pak Ali Yusuf.

Kegiatan selanjutnya ialah pengundian doorprize yang dilakukan oleh pemko dan Badan Narkotika Nasional (BNN) . Sayangnya tak ada satupun dari kami yang mendapatkan hadiah dari undian ini. Di sela-sela  undian doorprize, kami menyempatkan menjajal berbagai kuliner yang tersedia secara cuma-cuma, karena antrian panjang, kami pun nggak kebagian sate gratis, tapi no problem it’s okay aja. Tak hilang akal, kami meminta kuah sate kacang dan pedas untuk dicocol dengan kerupuk. “Nggak ada kayu, rotan pun jadi. Nggak ada sate, kuah pun jadi.” Ujar salah satu teman FAKA.

Kenyangpun menghampiri kami, bukan karena kerupuk ya! Lalu kami beraktifitas kembali, kami bermain dengan anak-anak Talawi yang telah lama nenunggu acara dambaan ini.Meskipun tidak ada kegiatan khusus dari FAKA untuk teman-teman lain yang diluar FAKA, kami puas akan pencapaian kami selama ini.Selanjutnya kami akan berjuang lebih lagi,demi tegaknya hak-hak anak.

Minggu berikutnya,sebagian kami bertolak ke pusat Kota Sawahlunto untuk mengikuti car free day disana ditemani oleh Bang Alfin Tio selaku Duta GenRe (Generasi Berencana) Sawahlunto,dia dulunya merupakan anggota dari FAKA ketika duduk di bangku SLTA. Kegiatan kami pada kali ini lebih berfokus pada mendengarkan respon dan tanggapan peserta car freeday mulai dari anak-anak,ibu-ibu,bapak-bapak,para pedagang,sampai jajaran instansi pemerintahan. Tak lupa kami juga menemani dan membantu Bang Alvin mewawancarai Wakil Walikota sawahlunto,Bapak Ismed.

Kegiatan ini tidak hanya dilakukan pada satu hari itu saja tetapi car freedaydiadakan setiap minggunya. Wahhhh kami sangat senang mendengar hal itu karena sudah pasti setiap minggu kami akan melihat kegembiraan dari anak-anak Sawahlunto termasuk kami, di sini kami bisa bermain, berolahraga, bercengkrama, dan yang pasti adalah bergembira semua.

Terima kasih telah mewujudkan salah satu hak kami untuk bermain.*)

*)Syarif Ikbar dan David Orlando
 
Source : BERKAS DAFA AWARD SAWAHLUNTO
Kiriman Lainnya