Oleh : Generasi Budaya
Kategori : Isue lainnya

Hai sehabat Forum Anak ! perkenalkan nama saya Tara dari Batam, Kepulauan Riau. Sebuah daerah yang kecil, dekat dengan negara perbatasan, namun memiliki kekayaan daerah yang besar. Bicara soal budaya wilyahku ini sangat sangat minim soal budaya, mengapa  ? karena di Batam adalah orang orang perantauan, yang multikultu,r sehingga budaya aslinya sulit ditemukan.

Namun bicara soal itu, Melayu sudah berakar erat ditanah gurindam ini. Aku sangat mencintai budaya Indonesia, budaya bagiku bukan bicara soal tarian, serta musik daerah. Melainkan budaya lebih dari hal itu, makanan, pakaian, rumah adat, kebiasaan, hingga permainan daerah, kearifan local dan sebagainya pun itu dianggap sebagai budaya. Kepedulian ku terhadap budaya muncul ketika aku melihat lingkungan sekitarku dimana mereka bahkan tidak mengetahui lagu daerah dari daerahnya sendiri   Miris ? ya sangat miris aku melihatnya, mulailah aku melakukan hal hal kecil, melalui cangkupan yang sederhana, yaitu lingkunganku. Disana aku membuat sebuah sanggar tari, kami tidak memiliki bangunan yang memadai untuk berlatih tari, kami hanya menggunakan gedung serbaguna dimana bisa kita jadikan sebagai tempat latihan menari, pelatihnya pun kadang dari teman teman sekolahku, dan tarian yang diajarkan adalah tari melayu. Terkadang di sela waktu kosong, aku mengajarkan anak anak disekitar rumahku dengan nyanyian lagu daerah, hanya diiringi alat musik sederhana yaitu gitar. Jauh dari itu aku juga mengajak mereka ke sebuah tempat pelatihan membatik yang tidak juah dari tempat tinggalku, sedikit demi sedikit canting dan tinta batik mulai digoreskan keatas kain oleh anak anak itu, mereka sangat menyukainya dan antusias dengan hal tersebut . ya mulai dari hal seperti itulah aku dapat memperkenalkan budaya Indonesia yang kaya ini. Memang perkembangan teknologi sekarang sudah memudahkan kita untuk mencari apapun, namun aku rasa mereka kuarng memanfaatkan teknologi yang ada sehingga hal hal positif seperti inipun mereka abaikan.

Suatu ketika aku berpikir mengapa aku tidak melakukan hal yang lebih besar demi kepedulianku terhadap budaya, ya … aku langsung berpikir dan mengagas hal itu, muncullah sebuah ide sederhana dari aku yaitu membuat sebuah wadah atau organisasi yang menangani isu tentang kebudayaan. Singkat cerita munculah Generasi Budaya, dari pemikiranku dan bantuan beberapa masukan dari mentor, Pembina, dan dukungan orang tua aku berhasil menciptakan Generasi Budaya, dan Generasi Budaya inipun masih membuka sayapnya di Batam, lambat laun aku akan melebarkan lagi ke daerah Kepulauan Riau, Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Wilayah Indonesia Timur. Sehinga anak anak di Indonesia mampu menghargai serta menjunjung tinggi kebudayaan yang mereka miliki, karna melalui hal kecil seperti ini kita mampubermanfaat bagi masyarakat sekitar, melalui hal seperti ini kita mampu menyadarkan masyarakat tentang keudayaan, sehingga kebudayaan yang kita miliki tidak akan punah, musnah dan binasa atau bahakn lebih lestari, berkembang serta hidup dan dapat disebarluaskan ke dunia luar dengan bangga memperkenalan budaya kita. Mari kita jaga budaya kita karna budayamu adalah warisanmu. Terimakasih
 

SHARE!

Generasi Budaya

"Generasi Budaya adalah sebuah wadah remaja berusia 15-21 Th, untuk mengembangkan, melestarikan, serta menghidupkan budaya budaya daerah yang mereka miliki sehingga dapat bermanfaat bagi sekitarnya."

Follow


2 Mading


SOKAI ( Sosialisasi Sikat Gigi )

Kategori : Isue lainnya

Kita itu korban atau pelaku?

Kategori : Isue lainnya

Budayamu adalah Warisanmu

Kategori : Isue lainnya