Belajar di Waktu Kecil Seperti Melukis di Atas Batu dan Belajar di Waktu Besar Seperti Melukis di Atas Air

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar :

Haloha penggemar baca dan pecinta statusfan.com, apakah pendidikan kalian di sekolah baik-baik saja? Semoga selalu rajin dan hebat ya belajarnya ❣️

Penulis balik lagi nih di hadapan kalian walaupun hanya berupa tulisan, tapi jarak penulis dan pembaca sedekat urat nadi ?. Pada kesempatan ini, penulis akan mengangkat suatu hal tentang pribahasa di atas "Belajar di waktu kecil seperti melukis di atas batu dan belajar di waktu besar seperti melukis di atas air"

Ini adalah pribahasa yang digambarkan kepada anak-anak dalam menimba ilmu. Apa kaitannya?

"Belajar di waktu kecil seperti melukis di atas batu" mengisyaratkan bahwa saat-saat paling baik dalam menuntut ilmu adalah di waktu kecil karena masa anak-anak adalah masa yang paling bagus untuk anak-anak bisa menyerap semua pelajaran untuk dirinya dan tidak mudah melupakan apa yang telah dipelajari. Oleh karenanya kita mendapatkan pendidikan dari jenjang Paud, TK, SD, SMP sampai SMA agar pendidikan yang kita dapatkan secara bertahap dan dari sejak kita kecil.

Sedangkan makna dari "belajar di waktu besar seperti melukis di atas air" adalah seseorang yang mendapat pendidikan disaat dia sudah beranjak besar atau tidak lagi anak-anak maka akan sulit untuk bisa memahami pelajaran tersebut dan akan sulit diingat. Oleh karenanya hal ini semoga tidak terjadi lagi. Pemerintah telah menetapkan dan menggratiskan dengan program wajib belajar 9 tahun terhitung dari SD-SMA sehingga saudara-saudara kita yang kurang mampu bisa mendapatkan hak yang sama dalam dunia pendidikan.

Salam cinta penulis:
Brillyant Chautshar @bangbilbos
Source :
Kiriman Lainnya