Bahaya Terlalu Sering Menggunakan Headset

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : www.google.com

Headset merupakan peralatan output suara atau speaker dalam bentuk kecil, yang tentunya dapat dibawa dan digunakan kemanapun oleh seseorang, yang secara langsung diletakkan pada telinga.
 
Disaat waktu senggang, pasti kita sering menggunakan headset baik untuk mendengarkan music maupun aktivitas lainnnya yang menggunakan headset.
 
Kita boleh saja menggunakan headset tetapi apabila headset digunakan terlalu lama, akan menimbulkan efek samping yang cukup berbahaya. Berikut ini adalah bahaya menggunakan headset terlalu lama :
 
1. Dapat membuat telinga mendengung
Menggunakan headset dapat membuat telinga kita mendengung, walaupun jarang terjadi tetapi tetap saja hal ini akan mengganggu aktivitas kita apabila terjadi karena dapat mengganggu pendengaran kita.
 
2. Menyebabkan tuli sesaat
Terlalu lama menggunakan headset, selain dapat menyebabkan telinga yang menjadi mendengung dan juga tidak nyaman, juga akan menyebabkan terjadinya “tuli sesaat”. Apabila terlalu sering dilakukan dengan kuantitas suara yang sangat besar, hal ini malah akan menyebabkan anda mengalami tuli secara permanen.
 
3. Tidak awas dengan keadaan lingkungan sekitar
Bahaya menggunakan headset terlalu lama adalah kurang awas dengan keadaan dan lingkungan sekitar. Penggunaan headset menyebabkan perhatian kita akan terfokus pada suara yang keluar dari headset saja. Hal ini akan menyebabkan diri kita menjadi tidak awas dan juga cenderung mengabaikan dunia luar dan dunia sekitar kita.
 
4. Memperbesar resiko terjadinya kecelakaan
Beberapa hasil statistik menunjukkan bahwa angka kecelakaan salah satunya disebabkan karena seseorang tidak peduli dan tidak awas dengan lingkungan sekitarnya. Hal tersebut dikarenakan asik menggunakan headset terlalu lama, sehingga tidak dapat fokus dan pada akhirnya malah menyebabkan terjadinya kecelakaan.
 
5. Dapat menyebabkan kuman masuk melalui telinga
Headset merupakan salah satu alat yang memiliki kandungan kuman yang tinggi. Ini disebabkan karena headset merupakan salah satu alat yang sering diletakkan pada udara terbuka tanpa perlindungan dan juga jarang mengalami pembersihan alias dicuci.
Hal ini menyebabkan headset merupakan salah satu sarang dari tempat tinggal kuman dan juga bakteri. Saat memakai hedset terlalu lama, itu artinya kuman dan bakteri akan bebas masuk ke dalam tubuh anda melalui telinga. Hal inilah yang menyebabkan banyak sekali gangguan kesehatan, salah satunya dapat berupa peradangan pada telinga.
 
6. Telinga mengalami kelelahan
Beberapa orang yang merupakan pecinta audio menyebut hal ini dengan istilah ear fatigue. kelelahan telinga merupakan kondisi dimana telinga terlalu banyak menerima stimulus dari suara secara bersamaan dan terus menerus. Kelelahan pada telinga ini dapat menyebabkan daun telinga terasa perih dan sakit. Hal ini kemudian juga dapat menyebabkan telinga kita menjadi terasa tidak nyaman dan terasa agak sulit dalam menangkap gelombang suara.
 
 
Source : www.google.com
Kiriman Lainnya