Bagaimana Belajar Komputer secara Otodidak

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar :

Hai semuanya, 
Dalam tulisan ini, Kak Uia akan berbagi pengalaman tentang bagaimana mempelajari komputer secara Otodidak atau juga disebut belajar secara mandiri. sebelumnya ka uia mau cerita dulu yah pengalaman belajar komputer otodidak. ka uia sudah mulai belajar komputer sejak kelas 1 SMP, karena pada saat itu baru ada Mata Pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) belum punya komputer sendiri, waktu itu belajar menggunakan komputer yang seadanya, komputernya juga tidak ada mousenya, jadi mengoperasikannya hanya menggunakan keyboard tapi mulai dari situ jadi seneng otodidak belajar komputer. Dalam tulisan ini berlaku untuk mempelajari apapun yang ada didalam komputer. misalnya mau belajar Microsoft Office atau Photoshop bisa memulai dengan mengikuti langkah-langkah ini.

Ok kita bahas yah bagaimana Belajar Komputer secara Otodidak.

  1. Niat

    Nah ini tentu yang paling pertama, karena tanpa niat dan keinginan belajar maka kita tidak akan bisa mempelajari suatu hal. Jadi harus diniatkan yah, tanamkan didalam hati bahwa belajar adalah kebutuhan dan apa yang dipelajari akan bermanfaat bagi kita khususnya dan berguna bagi orang lain umumnya. 
  2. Punya Komputer ?

    Tidak harus punya komputer sih.. tapi akan lebih baik jika kita memiliki komputer/laptop yang bisa kita gunakan untuk belajar. jika kamu belum punya, kamu bisa menggunakan komputer yang ada di warnet atau pinjam punya kakak, saudara atau teman kamu.
  3. Rasa Ingin tahu dan penasaran

    Ini yang paling penting, Belajar Komputer itu harus punya Rasa Ingin tahu dan Penasaran karena pada dasarnya komputer adalah sebuah mesin yang berjalan berdasarkan sebuah sistem kerja. Ada Input --> Proses -- Output. Maka semua berhubungan dengan Logika. Misalnya 1 + 1 = 2 atau 5 + n = 20 maka n = 15. tidak mungkin 1 + 1 = 3, pasti ada jawaban logikanya, selalu begitu ada sebab ada akibat. Maka kita harus terus mencari tahu sampai kita mengerti cara kerjanya.
  4. Belajar Bahasa Inggris

    Ini juga bagian yang harus kita punya, karena bahasa komputer menggunakan bahasa Inggris. maka cukup mengerti arti dari setiap kata yang ada di komputer maka kamu akan mengerti artinya. jika tidak bisa mengartikannya kamu bisa cari di kamus ataupun di google translate. artikan setiap kata dan coba menyatukan apa arti dari kaliman tersebut. pelan-pelan kamu akan terbiasa. Misalnya gini : Save artinya kan banyak (melindungi, menyimpan) maka kira-kira apa yang paling mendekati arti yang dimaksud dalam hal komputer? apakah melindungi ? :D yah pasti menyimpan yang paling bisa kita mengerti.
  5. Bacalah dan Sok tau

    Nah jika kamu sedang belajar komputer, banyak-banyaklah membaca setiap tulisan yang ada di komputer, jangan malas yah. Baca lalu artikan dan tebak saja artinya apa. akan lebih baik jika kamu selalu mencoba mencari tahu daripada kamu tidak melakukan apa-apa.
  6. Jangan Takut salah, Mulai dari pesan Error

    Pada bagian ini, Kamu harus jadi orang yang pemberani, berani mencoba dan jangan takut salah. Komputer sudah diprogram dengan baik, jika kamu salah, kamu bisa mengulang kembali misalnya fitur (undo, history dsb) ataupun jika kamu melakukan kesalahan maka komputer dengan baik hati akan memberitahu kamu melalui pesan-pesan yang tiba-tiba muncul di layar monitor. Pesan Error yang muncul ibarat kamu sedang berbicara dengan komputer, maka kamu harus mengerti apa yang diucapkan oleh komputer dan kamu harus memberikan tanggapan. jadi baca errormu.
  7. Membuat Kesimpulan dan Berkata "ohhh gitu"

    Bagian ini yang paling ka uia suka, biasanya setelah mengerti tentang suatu hal, maka secara automatis selalu mengucapkan "Ohh gituu" hihihi, tapi kalian bebas berekspresi. Setelah kamu mencoba, gagal, baca error, coba lagi lalu akhirnya kamu berhasil mengerti. maka buatlah kesimpulan. Misalnya "Oh ternyata fungsi ini/tombol ini untuk memberikan warna pada huruf". Apa yang kamu dapatkan, sebisa mungking kamu ucapkan agar itu bisa membekas pada ingat, telinga dan mulut kamu. kira-kira gitu..
  8. Catat agar tidak lupa

    Salah satu bantuan adalah dengan mencatatnya, setiap orang beda-beda dalam mengingat sesuatu. tapi jika kamu sudah melalui proses mencoba dan gagal maka daya ingat kamu harusnya lebih baik. tidak ada salahnya mencatat.
  9. Browsing dan cari tau

    Ingat Rasa Ingin tahu, setelah kamu membuat kesimpulan, kamu bisa mencari tau lebih banyak dengan cara browsing di internet, misalnya kamu tau bahwa alat untuk menggerakan kursor di komputer bernama "Mouse" kamu bisa browsing tentang mouse untuk menambah pengetahuan kamu, mungkin saja kamu akan bertemu dengan "Mickey Mouse" hahaha.
  10. Terakhir, Bersyukur dan berbagi

    Berbagi adalah salah satu cara agar kamu tidak lupa, setelah kamu mendapatkan sesuatu hal yang bermanfaat. maka bagi-bagilah pengetahuan atau pengalaman kamu kepada teman-temanmu. agar apa yang kamu dapatkan bisa bermanfaat dan berguna juga bagi orang banyak.

Sekian,
Semoga tulisannya mudah dipahami, karena ka uia juga masih belajar untuk menulis.
Jika ada pertanyaan bisa komentar ataupun kontak ka uia.

Terima kasih

Source :
Kiriman Lainnya