Asyiknya bermain sambil belajar tentang Internet Sahabat Anak bersama Forum Anak Dumai

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Forum Anak Dumai

Pada umumnya dalam proses pendidikan pada anak balita atau usia dini lebih diutamakan pada metode belajar melalui bermain. Hal ini dilakukan karena metode ini lebih sesuai dengan kondisi anak-anak yang cenderung lebih suka bermain. Cara ini akan lebih berkesan dalam memori otak anak-anak untuk perkembangan pengetahuannya karena pada usia dini masa-masa perkembangan memori otak sangatlah pesat.

Dengan demikian, bermain dan belajar mempunyai kaitan yang sangat erat pada anak usia dini. Dengan bermain anak bisa belajar banyak hal, dan dengan mempelajari banyak hal anak mendapatkan banyak pengetahuan yang bermanfaat bagi dirinya.

Kali ini Forum Anak Dumai di Dumai EXPO 2017 hadir dengan berbagai keseruannya. Dalam Stan Dinas PPPA, forum anak dumai ikut andil untuk mengajak anak-anak bermain sambil belajar.  Kegiatan ini spontan dilakukan oleh anggota Forum Anak Dumai, pada awalnya Stand Dinas PPPA ini hanya tempat lalu lalang pengunjung Dumai Expo 2017. Tetapi dengan kekreatifan anggota Forum Anak Dumai, Stand ini dipenuhi oleh anak-anak berusia 5-12 tahun.

Dalam Stand ini dipenuhi oleh bermacam-macam alat permainan yang dapat merangsang motorik dan kecerdasan anak dalam berfikir seperti lego,mobil-mobilan,puzzle,bola yang berputar dll. Awalnya hanya sekitar 10 anak yang datang berkunjung untuk bermain bersama anggota Forum Anak Dumai, setelah kami dari Forum Anak Dumai melakukan “Tanya Jawab Dapat Hadiah” maka penuhlah Stand Dinas PPPA ini.

Jadi kegiatan ini disebut Bermain sambil Belajar. Anak-anak yang datang ke Stand ini untuk bermain akan diberi pertanyaan oleh anggota Forum Anak Dumai, pertanyaan tersebut bersangkutan dengan isu-isu anak yang berkaitan dengan “PENGGUNAAN INTERNET NEGATIF DAN DAMPAKNYA BAGI ANAK” tetapi pertanyaan nya sangat menyesuaikan oleh penjawab misalnya anak yang akan menjawab adalah anak usia 5 tahun, maka pertanyaan nya akan seputar pemikiran anak usia 5 tahun itu saja. Nah contoh pertanyaan nya gini “Adek-adek disini udah kenal yang namanya Internet gak?” terus kalau mereka jawab udah kenal, makA akan diberi lagi pertanyaan dari jawaban yang dijawab sampai hanya ada beberapa anak yang bakal ngejawabnya dengan serius.

Nah anak-anak yang sering menjawab akan diberi hadiah oleh Forum Anak Dumai yang didukung oleh Dinas PPPA Kota Dumai. Jadi, selain anak-anak tersebut bermain dengan asyiknya mereka juga dapat mengambil pelajaran saat menjawab pertanyaan. Setelah mereka selesai menjawab, anggota Forum Anak Dumai yang bertanya akan menjelaskan lebih detail bahaya dan dampak penggunaan internet negatif bagi anak-anak. Nah dari sini, anak-anak yang bermain juga dapat belajar mengetahui bagaimana menggunakan internet dengan baik dan benar sesuai dengan umur mereka.

Dengan kegiatan ini anak-anak Kota Dumai dapat aktif dan sensitif dengan isu INTERNET SAHABAT ANAK. Dan Alhamdulillah kegiatan ini mendapat acungan jempol oleh orang tua anak dan masyarakat Kota Dumai.

 
Source : Forum Anak Dumai
Kiriman Lainnya