Anak Kepri Memaknai Sumpah Pemuda

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar :

Pada 89 tahun yang lalu, tepatnya 28 Oktober 1928, Sumpah Pemuda ditetapkan sebagai salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini juga dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Ketika itu, pemuda-pemuda Indonesia dengan semangat yang berkobar-kobar menetapkan keputusan yang menegaskan cita-cita akan adanya tanah air Indonesia, Bangsa Indonesia, dan bahasa Indonesia. Dan kini, bagaimana cara pemuda-pemuda Indonesia memaknai Hari Sumpah Pemuda tersebut? Yuk simak!

Laila Saadah – anggota Forum Anak Kota Batam
Sumpah pemuda merupakan bukti dari proses perjuangan Bangsa Indonesia yang telah dijajah oleh penjajah selama ratusan tahun lamanya. Setiap tahun sudah sepatutnya kita mengenang semangat dan jasa mereka dalam memperjuangkan bangsa ini.
 
Rima Oktavia – anggota Forum Anak Kabupaten Bintan
Banyak remaja saat ini tidak memaknai Sumpak Pemuda sebagai perjuangan dan kegigihan pemuda 89 tahun yang lalu. Mereka banyak yang terpengaruhi oleh teknologi yang semakin canggih. Seharusnya, sebagai pemuda hargailah para pemuda yang telah memperjuangkan negara ini dan juga sumpah pemudanya, jangan hiraukan hari sumpah pemuda!
 
Angelyca – anggota Forum Anak Kota Batam
Peringatan Sumpah Pemuda itu lebih ke menghargai keberagaman suku, ras, agama dan sebagainya dalam kehidupan kita sehari hari. Dan kita seharusnya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari hari.
 
Khusnul Khotimah – anggota Forum Anak Kabupaten Karimun
Jadi, Sumpah Pemuda itu hari peringatan bagi para pemuda dan pemudi Indonesia untuk terus bangkit mewujudkan cita-cita Bangsa Indonesia. Sumpah pemuda adalah cikal bakal dan landasan utama para pemuda pemudi Indonesia untuk bersatu membangun bangsa ini. Perbedaan tidak menjadi penghalang sesuai dengan Bhinneka Tunggal Ika, karena mereka adalah satu kesatuan atas nama Indonesia. Saatnya pemuda bangkit, mewujudkan Indonesia yang gemilang.
 
Syadid Liaprifa – anggota Forum Anak Kota Batam
Sumpah pemuda adalah saksi bahwa pemuda Indonesia dapat bersatu walaupun berbeda. Pemuda Indonesia adalah tunas bangsa yang tidak boleh hancur hanya dengan gelombang masalah. Jadi kita sebagai pemuda Indonesia harus bersama, bersatu dan tidak berpecah karena masalah yang sepele.
 
Zafira Puan Adelin – anggota Forum Anak Provinsi Kepulauan Riau
Hari Sumpah Pemuda itu dimana para pemuda pemudi Indonesia bersatu, dan itu yang harus kita teladani. Karena sekarang itu sudah mulai banyak perpecahbelahan. Untuk itu,  menanggapi sumpah pemuda, kita harus lebih tolerir, lebih menghargai dan menghormati satu sama lain.
 
 Emlly Tria Ananda – anggota Forum Anak Kota Batam
Sumpah pemuda memiliki makna penting, karena mengingatkan bagaimana besar perjuangan pemuda Indonesia untuk memerdekakan bangsa Indonesia dengan berbagai keberagamannya. Yang siapa sangka bahwa keberagaman itulah yang menjadikan pemuda Indonesia semakin kuat. Dan saya sebagai pemuda Indonesia ingin selalu menjadikan sumpah pemuda sebagai hari penting dalam kehidupan saya, agar saya mampu menjadi pemuda yang kuat, cinta tanah air, cinta bahasa persatuan, dan cinta keberagaman.
 
Ega Rahma Pratiwi – anggota Forum Anak Kabupaten Natuna
Memaknai Hari Sumpah Pemuda adalah dimana kita sebagai generasi pengisi kemerdekaan bisa lebih menghargai jasa para pahlawan dan lebih mencermati lagi isi-isi sumpah pemuda.
 
Rinaldo – anggota Forum Anak Kabupaten Karimun
Memaknai sumpah pemuda dengan terus berpikir kreatif untuk merintis suatu kegiatan yang positif bagi generasi muda Indonesia dan tidak melupakan nilai-nilai bangsa, tanah air, dan bahasa Indonesia.
 
Wah, banyak tanggapan bagaimana cara anak-anak Kepri yang tergabung dengan Forum Anak tentang Sumpah Pemuda yah. Kalau teman-teman sendiri, memaknai Sumpah Pemuda itu seperti apa sih?
 
Source :
Kiriman Lainnya