Anak Anti Rokok

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Local Disc (D:) DAFA Award

Penyelenggara    : Forum Anak Daerah Provinsi Bali bersama HMKM UNUD
Tanggal                   : 29 Mei 2016
Tempat                  :  Areal Catur Muka, Kota Denpasar
Proses                    :
 
Pada HTTS 2016, Forum Anak Provinsi Bali mengadakan aksi damai sebagai upaya penolakan kami terhadap tembakau. Dalam aksi ini, kami turun ke jalan dan membagikan permen mint yang didalamnya berisi kalimat-kalimat sederhana mengenai bahaya rokok. Permen tersebut kami bagikan kepada pengguna jalan yang saat hari itu kami lihat sedang merokok.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman bagi masyarakat mengenai bahaya rokok sekaligus sebagai upaya pencegahan agar anak-anak tidak turut serta ikut merokok. Seperti yang kita ketahui, anak-anak dapat dikategorikan sebagai peniru. Ia akan secara alamiah mengikuti apa yang dilakukan oleh orang dewasa di sekitarnya. Menghentikan penggunaan rokokdi kalangan masyarakat khususnya orang dewasa merupakan salah stau upaya pencegahan dari pewarisan kecenderungan merokok pada anak mereka.
 
Selain itu, ini juga merupakan upaya pencegahan agar anak-anak tidak terkena bahaya rokok secara tidak sengaja (second smoker & third smoker). Tanpa disadari oleh orang dewasa, kandungan berbahaya dari asap rokok tersebut sebenarnya menempal pada pakaian atau benda apapun disekitar mereka saat merokok. Ketika nantinya anak-anak mereka melakukan interaksi terhadap benda tersebut, secara tidak langsung mereka terkena bahaya dari asap rokok melalui benda-benda yang sebelumnya telah tercemar asap rokok.

Walaupun sederhana, namun ada alasan dibalik pemilihan permen mint dalam aksi ini. permen mint memiliki kecenderungan membuat mulut terasa pahit sehingga orang dewasa enggan merokok. Apabila hal ini dapat diteruskan, bukan tidak mungkin mereka dapat berhenti merokok dan mengurangi potensi anak terkena bahaya rokok.
 
Simpulan Dampak     :
Dengan berperan sebagai pelopor dan pelapor FAD Bali berhasil memberikan dampak sebagai berikut,
  1. Dalam aksi ini, kami turun ke jalan dan membagikan permen mint yang didalamnya berisi kalimat-kalimat sederhana mengenai bahaya rokok. Permen tersebut kami bagikan kepada pengguna jalan yang saat hari itu kami lihat sedang merokok. Hal itu menegaskan kami sebagai pelapor dan pelopor dalam aksi tersebut.
  2. memberikan pemahaman bagi masyarakat mengenai bahaya rokok sekaligus sebagai upaya pencegahan agar anak-anak tidak turut serta ikut merokok.
  3. Membantu memberikan solusi bagi para perokok yang ingin berhenti merokok yaitu dengan memakan permen mint yang membuat mereka enggan merokok.
 
 
Source : Local Disc (D:) DAFA Award
Kiriman Lainnya