Alirkan Ilmu, Cerdaskan Penerus Bangsa (Forum Anak Lombok Timur)

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Forum Anak Lombok Timur

Halo Anak Indonesia!
Salam kenal leman kanak Sasak!

Forum Anak Lombok Timur ( FALTIM ) merupakan forum yang sangat aktif dalam  mengatasi masalah anak, banyak program-program yang dilaksanakan yang berdampak besar bagi terselesainya masalah anak. Salah satu programnya adalah FALTIM Mengajar. FALTIM mengajar merupakan program tahunan FALTIM dimana para anggota FALTIM berbagai ilmu dan keseruan kepada anak-anak lainnya. Dengan program ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan anak dalam menguasai pelajaran khususnya Matematika dan Bahasa Inggris, dengan metode cara belajar sambil bermain. Tidak lupa juga kami dari anggota FALTIM menyisipkan pelajaran mengenai akhlak dan sopan santun dalam bergaul,  dengan menggunakan bahasa yang sesederhana mungkin sehingga mudah dimengerti oleh anak-anak.

Program ini sudah terlaksana  dari anggota FALTIM angkatan 2016 yang dimulai pada bulan April 2016, dimana bidang studi yang diajarkan sama seperti tahu 2017 yaitu Matematika dan bahasa Inggris. Tetapi, pada saat pergantian pengurus baru dari tahun 2016 ke 2017 program ini sempat vacum, dan dilanjutkan kembali pada bulan Maret 2017 oleh pengurus baru karena sadar akan pentingnya pendidikan bagi anak-anak Lombok Timur, dan diharapkan  program ini bisa berdampak besar bagi kemajuan pendidikan anak. Dalam program ini anak- anak bisa mengetahui dan memahami pengetahuan dasar tentang pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris.

Program ini memfokuskan pada anak-anak SD kelas 3-5. Adapun FALTIM mengajar ini diadakan di berbagai tempat. Bidang studi matematika diadakan di SDN 1 Kabar Kecamatan Sakra Pusat dengan mengajar kelas 2, 3, dan 4, dengan jumlah 20 siswa  per kelas dan dilaksanakan 1 kali dalam seminggu pada hari Jum'at pukul 16.00 WITA. Sedangkan pada bidang studi Bahasa Inggris kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di rumah salah satu anggota FALTIM yang berada di Desa Rakam Kecamatan Selong dengan mengajar  anak-anak disekitaran wilayah itu dengan jumlah 15 siswa, yang diadakan sekali seminggu pada hari Senin pukul 16.00 WITA. Tidak sampai disitu saja,  sebagian dari anggota Forum Anak Lombok Timur juga melakukan proses belajar mengajar di rumahnya masing-masing yang juga tidak kalah seru.

Anak-anak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar ini sehingga membuat kami semakin semangat dalam menjalankan program FALTIM mengajar ini. Semoga apa yang kita harapkan dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia khususnya di Kabupaten Lombok Timur dapat terwujud.
 
Source : Forum Anak Lombok Timur
Kiriman Lainnya