Aku Pemuda, Semangat '45: Lomba Perayaan Sumpah Pemuda oleh Forum Anak Pringsewu

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar :

Sumpah Pemuda merupakan salah satu momentum yang menjadi tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Karena pada peristiwa itu, ditegaskan tentang ikrar cita-cita berdirinya negara Indonesia yaitu bertumpah darah yang satu, berbangsa yang satu, dan berbahasa yang satu, yaitu Indonesia. Peristiwa ini pun selalu diperingati oleh masyarakat Indonesia tiap tahunnya, yaitu setiap tanggal 28 Oktober. Pada perayaan Sumpah Pemuda tahun 2016 ini, Forum Anak Pringsewu mengadakan lomba membaca puisi dan menggambar tokoh pahlawan di SMP Negeri 3 Pringsewu yang bertemakan “Aku Pemuda, Semangat ‘45”. Total peserta lomba kegiatan ini kurang lebih berjumlah 40 anak yang terdiri dari siswa-siswi SMP Negeri 3 Pringsewu, sedangkan tim penilainya adalah dari Forum Anak Pringsewu.

Pada lomba baca puisi, peserta memilih puisi yang akan dibaca, yaitu “Kita Adalah Pemlik Sah Republik Ini” karya Taufiq Ismail, atau “Pahlawan Tak Dikenal” karya Toto Sudarto Bachtiar. Mereka membacakan dengan sangat bagus dan bisa menyampaikan maknanya dengan baik. Ekspresi mereka benar-benar menggambarkan pemuda yang sangat mencintai Indonesia.

Sedangkan pada lomba menggambar tokoh pahlawan, mereka juga tak kalah hebat. Mereka menggambar tokoh-tokoh pahlawan yang sangat inspiratif bagi para pemuda dengan gambar yang bagus pula. Semua peserta lomba kali ini terlihat sangat berbakat dan antusias. Tetapi, tim penilai harus bisa memilih yang terbaik di antara yang baik. Masing-masing cabang lomba dipilih juara 1, juara 2, dan juara 3 yang diumumkan sore hari saat upacara penurunan bendera yang dilakukan sebelum pulang sekolah. Masing-masing pemenang mendapatkan trophy atau piala, sertifikat, serta golden ticket untuk mengikuti Temu Anak Pringsewu tahun 2017 sekaligus menjadi pengurus Forum Anak Pringsewu periode 2017-2018 tanpa seleksi. Selain pengumuman pemenang, kami juga memperkenalkan Forum Anak Pringsewu kepada siswa-siswi SMP Negeri 3 Pringsewu, serta memberikan doorprize bagi para siswa-siswi yang bisa menjawab pertanyaan seputar anak. Dan kami juga berbagi sticker yang bergambar bendera merah putih dan tangan yang mengepal melambangkan semangat serta bertuliskan ‘Aku Pemuda, Semangat ‘45’.

Ternyata, banyak dari mereka yang semakin penasaran dengan Forum Anak dan ingin mendaftar menjadi pengurus Forum Anak. Dengan kegiatan kami kali ini, akan semakin tumbuh rasa cinta tanah air bagi anak-anak atau pemuda, khususnya di SMP Negeri 3 Pringsewu. Mereka juga jadi mengasah bakat mereka dan menjadi pemuda yang berpotensi untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Karena anak-anak adalah generasi penerus yang harus memiliki semangat agar bisa tumbuh menjadi pemuda yang berguna bagi bangsa dan negaranya.
Source :
Kiriman Lainnya