Aku Kamu Sama: Bersama Forum Anak Pringsewu, Mari Hilangkan Diskriminasi Terhadap Anak Disabilitas

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar :

Banyak yang menganggap kalau anak disabilitas itu berbeda dengan anak-anak lainnya. Banyak yang menganggap kalau mereka tidak memiliki bakat atau keterampilan sehingga fasilitas yang diberikan untuk anak-anak disabilitas, khususnya di daerah Pringsewu masih sangat minim bahkan bisa dibilang tidak layak. Pada hari Sabtu, tanggal 22 Oktober 2016, kami selaku anggota Forum Anak Pringsewu melakukan kunjungan ke PAUD disabilitas yang terletak di Kecamatan Gadingrejo, Pringsewu, Lampung. PAUD disabilitas ini didirikan oleh Lembaga Bintang Istimewa yang diketuai oleh Bu Indah. Lembaga ini dibentuk oleh keluarga yang dengan sukarela mendirikan PAUD untuk anak disabilitas dengan tujuan anak-anak disabilitas yang ada di daerah Gadingrejo bisa mendapatkan pendidikan.

Namun, sayangnya, karena dana yang mereka kumpulkan tidak terlalu banyak dan kurangnya perhatian dari pemerintah, PAUD ini kondisinya masih sangat jauh dari kata layak. PAUD ini hanya terdiri atas sebuah rumah bata merah dengan satu buah perosotan (papan meluncur) di dalamnya. Fasilitas-fasilitas yang lainpun masih sangat kurang. Meskipun orang-orang menyebut rumah ini sebagai PAUD, tetapi ternyata PAUD ini bukan hanya diperuntukkan bagi anak-anak disabilitas yang masih berusia di bawah 5 tahun.

Tetapi, banyak juga anak disabilitas yang sudah berusia cukup besar seperti 9 tahun, bahkan di antara mereka banyak yang sambil bersekolah di sekolah biasa, bukan di SLB. Saat kami berada di sana, kami melakukan banyak hal seperti berbagi makanan kepada mereka, berbagi cerita, senam, tetapi yang paling penting adalah mengajak mereka agar mereka tidak malu-malu untuk mengeluarkan bakatnya. Kami juga mengadakan beberapa lomba seperti bernyanyi, bermain simpai, bermain memasukkan air ke dalam ember, dan lomba berjoget yang tentu saja pemenangnya mendapatkan hadiah. Kami sangat bahagia saat melihat antusias mereka dan semangat mereka karena kedatangan kami.

Mereka adalah anak-anak hebat, sehingga kami meyakinkan mereka bahwa mereka sama seperti kita, mereka sama-sama memiliki potensi dan bakat masing-masing yang bisa mereka asah agar mereka bisa menjadi orang yang sukses di kemudian hari. Banyak hal yang bisa kami pelajari dari mereka, meskipun mereka memiliki kekurangan, tetapi mereka tetap tidak pantang menyerah dan terus semangat dan berjuang untuk meraih cita-citanya. Setelah kegiatan selesai, kami berusaha mempromosikan Lembaga Bintang Istimewa ini melalui media sosial, maupun ke orang-orang yang ada di sekitar kami supaya lebih banyak orang yang peduli dengan anak-anak disabilitas, sehingga mereka bisa mendapatkan fasilitas yang lebih layak. Selain itu, kami juga mensosialisasikan ke orang lain agar tidak melakukan diskriminasi terhadap anak disabilitas.
Source :
Kiriman Lainnya