AKSI FORUM ANAK PROV. SULAWESI TENGAH DI TALKSHOW SUSUPO TVRI SULTENG

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : Dok. Forum Anak Sulawesi Tengah

Rabu, 29 Maret 2017. Forum Anak Prov. Sulawesi Tengah menjadi salah satu narasumber dalam talkshow “SuSuPo” yakni singkatan dari Suara-Suara Positif di salah satu stasiun televisi yaitu TVRI Prov. Sulawesi Tengah. Tak hanya Forum Anak saja namun berbagai instansi terkait seperti DP3A, LPA, dan POLDA juga turut serta dalam acara tersebut.

Acara tersebut mengangkat topik tentang “Mata Rantai Kekerasan Terhadap Anak” sesuai dengan topik yang di angkat apresiasi terhadap program Three Ends KPPA sebagai upaya untuk menanggulangi kekerasan terhadap perempuan dan anak yang terdiri dari : Akhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, akhiri perdagangan manusia, dan akhiri kesenjangan ekonomi yang harus direalisasikan sebagai tindak nyata pemerintah terhadap pemberantasan kasus-kasus tersebut.

Melalui acara ini, Forum Anak Prov. Sulawesi Tengah dapat menyuarakan suaranya dalam menanggapi kasus kekerasan anak di Indonesia dan juga peran serta Forum Anak Prov. Sulawesi Tengah sebagai pelopor dan pelapor dalam pencegahan kasus kekerasan terhadap anak dan mewadahi aspirasi anak agar terhindar dari mata rantai kekerasan anak. Kemudian, hal ini menjadi jembatan aspirasi dan masukan kepada pemerintah dan lembaga yang berwenang agar tindakan kekerasan dapat ditangani dengan cepat sehingga mata rantai kekerasan terhadap anak dapat terputus.

Sebuah kesempatan emas bagi Forum Anak di talkshow ini, menjadi sebuah ajang partisipasi anak Sulawesi Tengah dalam memberikan pendapat, saran, dan hal-hal yang berkaitan dengan kekerasan terhadap anak yang langsung disuarakan dihadapan tokoh-tokoh penting dan instansi terkait. Terlebih lagi, aksi Forum Anak Sulawesi Tengah yang satu ini, disebarluaskan melalui media elektronik yaitu TVRI di ruang lingkup Prov. Sulawesi Tengah. Sehingga acara ini menjadi sebuah apresiasi bagi anak-anak Sulawesi Tengah, bahwa hak partisipasi dan suara anak dapat dipertimbangkan dalam sebuah aspek pembangunan dan hal-hal terkait yang dibutuhkan oleh seorang anak di masa yang akan datang.

Forum Anak Sulawesi Tengah sendiri berharap agar dari talkshow ini, instansi dan lembaga penegak hukum bersama Forum Anak Sulawesi Tengah, dapat menjalin kerjasama yang baik dalam hal pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak. Yang mana, Forum Anak Sulawesi Tengah berperan besar sebagai pelopor sebaya yang benar-benar tahu akan situasi dan kondisi seorang anak disekitarnya karena Forum Anak tentunya berisi anak-anak yang tahu persis akan keadaan teman sebayanya. Forum Anak diharapkan dapat menjadi wadah bagi anak-anak yang dapat bertahan dalam segala situasi dan kondisi serta mempunyai kemampuan persuasif yang dapat membantu dan mengajak teman sebayanya agar turut serta dalam proses perubahan ke arah hal-hal yang sifatnya positif. Ditambah lagi, anggota Forum Anak juga berperan sebagai pelapor jika terjadi sebuah kejadian maupun kekerasan disekitarnya. Oleh karenanya, dari talkshow ini, bukan hanya sekedar wadah partisipasi dalam menyuarakan keluh kesah dan pendapat terhadap sebuah kasus kekerasan yang hanya menjadi formalitas semata. Melainkan adanya tindak lanjut untuk bekerjasama memutus mata rantai kekerasan terhadap anak dengan menciptakan lingkungan yang aman dan harmonis dimulai dari ruang lingkup keluarga, sekolah, dan masyarakat sekitar. Untuk Forum Anak sendiri, dapat berperan penting dalam merealisasikan semua harapan tersebut dengan melaksanakan program-program salah satu contohnya seperti sosialisasi pencegahan pelecehan seksual sejak dini pada anak panti asuhan Parigi pada bulan Ramadhan 2016 lalu.
 
 
 
Source : Dok. Forum Anak Sulawesi Tengah
Kiriman Lainnya