Ini dia 5 Manfaat Saat Kita Main di Luar Ruangan

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar :

Statusfan.com - Jakarta, Liburan adalah waktu yang paling menyenangkan untuk bermain, jika biasanya sepulang sekolah kita selalu bermain di dalam rumah, nah saat nya kita bermain diluar rumah. tinggalkan sejenak video games, mainan dan tablet papa atau mamah kita. tahukah kalian bermain di luar rumah memiliki manfaat bagi kita.

dilansir dari beritagar.id, Menurut  Dr. Dorothy Singer dari Yale University ada 5 manfaat yang bisa kita dapatkan saat kita bermain di luar rumah, ini dia manfaatnya :

1. Meningkatkan nilai Akademik
Ternyata menurut penelitian British Journal of Sports Medicine bermain di luar ruangan dapat meningkatkan kemampuan otak dan prestasi akademik. Karena dengan bermain otak kita akan berinteraksi dengan alam sekitar, berbeda dengan bermain video games di tablet yang tidak secara nyata berinteraksi. Selain itu Tubuh kita juga ikut bergerak yang tentu akan menyehatkan seperti halnya berolahraga.

2. Bagus untuk Penglihatan
Menurut Penelitian dari Cambridge University, Inggris, kegiatan di luar ruangan dapat mencegah anak-anak terkena rabun jauh. Nah ternyata ini sangat penting sekali bagi kita, apa lagi dimasa perkembangan usia kita saat ini, dengan bermain di luar ruangan kita akan melihat pemandangan alam dengan cahaya alami yang tentu melatih mata kita dalam hal penglihatan. Hayo jangan Liat Handphone terus-terusan.

3. Bersosialisasi dan Berinteraksi
Kemampuan sosial dan berinteraksi juga kita dapatkan saat bermain di luar ruangan, karena tentu kita bertemu dengan teman-teman kita, kita bercanda, kita berbicara hal-hal seru, kita saling belajar. Hal ini melatih kita untuk jadi lebih percaya diri, tidak malu dan punya banyak teman.

4. Mencegah kegemukan
Ternyata ketika bermain di luar ruangan kita bisa terhindar dari Kegemukan, karena kita melakukan aktifitas fisik, seperti berjalan, berlari, menggerakan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa lingkungan yang lebih hijau dapat membuat anak-anak sehat dan terhindar dari kegemukan.

5. Meningkatkan Kekebalan tubuh
Tahukah kamu kita butuh bakteri agar tubuh kita menjadi, Berbagai penelitian menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh kita akan berfungsi dengan baik ketika kita terpapar mikroba, organisme, dan juga keanekaragaman pola makan dan lingkungan. Paparan tersebut bisa melalui saluran pencernaan, hidung, atau sistem pernapasan.

Itu sebabnya, orang tua kita harus membiarkan anak-anak bermain kotor-kotoran di luar ruangan. Karena paparan terhadap organisme yang beranekaragaman pada tumbuhan, tanah, tanaman, dan lain sebagainya, memengaruhi penurunan alergi.

Nah itu dia manfaatnya, banyak yah manfaatnya. Jadi Kesimpulannya bermain di luar ruangan selain mampu meningkatkan otak kita dan berinteraksi dengan alam, ternyata bisa meningkatkan kekebalan tubuh kita, sehingga tidak gampang sakit dan tidak gampang terkena alergi. 

Sumber lansiran : https://beritagar.id/index.php/artikel/gaya-hidup/5-manfaat-bermain-di-luar-rumah-bagi-anak-anak
Source :
Kiriman Lainnya