Diskusi Hari Anak Nasional di Meksiko Angkat Isu Keselamatan Diri

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar :

Metrotvnews.com, Mexico City: Keselamatan dan kesehatan tidak bisa dilepaskan dari anak-anak. Anak Indonesia di Meksiko memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya menjaga kesehatan diri dan menjaga diri dari kekerasan. 

Memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2016, KBRI Meksiko bersama Indonesian Diaspora Network (IDN)– Mexico, telah menyelenggarakan kegiatan Diskusi Keluarga yang dihadiri oleh 22 anak Indonesia. Kegiatan Diskusi Keluarga ini mengambil tema “Aku Anak Indonesia Anti Kekerasan dan Senang Jaga Kesehatan”, sejalan tema utama HAN 2016, “Akhiri Kekerasan Terhadap Anak”. Kegiatan ini dibuka oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Meksiko Yusra Khan.


Anak-anak dalam diskusi di KBRI Meksiko (Foto: KBRI Meksiko)
 
 
"Anak-anak dapat memberikan jawaban yang tepat mengenai hal-hal yang harus mereka lakukan untuk menjaga diri dari kekerasan dan menjaga kesehatan diri," demikian disampaikan Ketua IDN–Mexico, Evi Siregar, usai kegiatan Diskusi Keluarga pada 3 Agusts 2016, dalam keterangan tertulis KBRI Meksiko yang diterima Metrotvnews.com, Sabtu (6/8/2016).
 
Dalam pembukaannya, Duta Besar RI menyampaikan bahwa anak merupakan amanah dan karunia Tuhan yang keberadaannya senatiasa harus diasuh, dijaga serta dilindungi dari perlakuan salah, kekerasan dan diskriminasi. Penyelenggaraan kegiatan diskusi keluarga ini merupakan sikap bersama untuk mendorong keluarga Indonesia di Meksiko sebagai lembaga pertama dan utama dalam pengasuhan yang berkualitas, memiliki pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman komprehensif dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak, sehingga menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia, dan cinta tanah air. 
 
"Diskusi keluarga ini tentunya akan semakin membangkitkan kesadaran anak Indonesia akan pentingnya menjaga diri dari kekerasan dan menjaga kesehatan diri," ujar Dubes Yusra Khan. 
 
Tampil sebagai pembicara diskusi keluarga ini yaitu diáspora Indonesia yang mendalami bidang kesehatan, yaitu Dr. Adita Rahma Amalia, dan bidang psikologi, yaitu Fitri Khadriyati Handayani. Dr. Adita Rahma Amalia menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan bagi anak, khususnya dalam memilih makanan dan jajanan yang menyehatkan. 
 
Sementara Fitri Khadriyati Handayani mengajak anak untuk pentingnya menjaga diri dari kekerasan, khususnya kekerasan seksual. Secara interaktif kedua nara sumber menjelaskan sambil mengajak bermain anak-anak yang hadir sehingga anak-anak tidak cepat bosan. 


Diskusi santai bersama anak Indonesia (Foto: KBRI Meksiko)
 
Kegiatan diakhiri dengan rangkaian perlombaan permainan anak seperti susun bendera dan pindah balon yang ditujukan untuk membangun semangat kerja tim dan kebersamaan anak Indonesia. Penyelenggaraan lomba permainan ini juga ditujukan untuk memberikan kesempatan bagi anak Indonesia untuk bermain.
 
Selain melakukan Diskusi Keluarga, KBRI juga akan menyelenggarakan kegiatan Bermain dan Belajar Kenal Peran dan Pekerjaan bagi anak Indonesia di Meksiko. Kegiatan ini didukung oleh Darma Wanita Persatuan KBRI Mexico City dan Panitia HUT RI ke-71 KBRI Mexico City. 
 
Kegiatan Bermain dan Belajar Kenal Peran dan Pekerjaan bagi anak Indonesia ini akan dilaksanakan di tempat permainan Kidzania pada 9 Agustus 2016 mendatang. Dengan fasilitasi tiket masuk gratis dari Perusahaan Kidzania, anak Indonesia diharapkan dapat bermain dan belajar mengenal aneka pekerjaan sehingga mereka dapat memperoleh gambaran mengenai peran yang akan dijalankannya dalam kehidupan masa depannya. Kegiatan ini direncanakan akan diikuti oleh 18 anak Indonesia yang diharapkan akan mengambil banyak manfaat dari kesempatan untuk bermain dan berekreasi sambil belajar.

Sumber : http://internasional.metrotvnews.com/asia/GNljaxPk-diskusi-hari-anak-nasional-di-meksiko-angkat-isu-keselamatan-diri
Source :
Kiriman Lainnya