Wings Kerja Sosial di Lingkungan TPA Bantar Gebang

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar :

Bekasi – Wings Corporation melalui Yayasan Wings Peduli Kasih mengadakan acara dengan tema Membangun Impian dari Negeri Sampahuntuk ratusan anak dan warga di sekitar wilayah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang, Bekasi.

Yayasan Wings Peduli Kasih bersama dengan Econity90, sebuah yayasan sosial, mendirikan fasilitas pendidikan untuk Sekolah Alam Tunas Mulia, Sumur Batu Bantar Gebang. Selain memberikan bantuan dalam bentuk fisik, Wings bersama Econity90 juga memupuk tekad mereka yang dikemas dalam bentuk dongeng.

Dongeng menjadi pilihan karena dapat mendidik, mudah diterima masyarakat, serta pada saat yang bersamaan menghibur dan sebagai alat bermain yang mampu membangun impian masa depan. Keceriaan dan imajinasi yang hadir dari dongeng menjanjikan semangat baru untuk bersama-sama membangun karakter generasi muda yang cinta damai dan anti kekerasan.

Di kawasan Bantar Gebang, terdata lebih dari 7.000 kepala keluarga (KK) yang tinggal di dekat gunungan sampah setinggi 30 meter dan rumah bedeng. Anak-anak di kawasan TPA Bantar Gebang terdiri atas anak-anak usia balita hingga remaja (SMP). Kegiatan sehari-hari mereka membantu orang tua menjadi pemulung, memilah sampah, dan menjualnya kepada pengusaha.

Sementara itu, Sekolah Alam Tunas Mulia memiliki 60 anak didik tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), 50 anak SD, 20 anak setingkat SMP, dan terdapat tujuh tenaga pengajar. Sekolah alam ini berada tepat di kawasan gunungan sampah yang dibuang dari kawasan Jakarta dan Bekasi. Ketika proses belajar-mengajar berlangsung, mereka pun terbiasa dengan bau sampah yang menyengat.

Karena itu, pendidikan kesehatan dan sanitasi sangat penting untuk dipahami oleh masyarakat sekitar gunungan sampah. NUVO Family, salah satu produk sabun kesehatan keluarga produksi Wings, pun turut mendukung penuh acara itu dengan memberikan penyuluhan kepada wali murid Sekolah Alam Tunas Mulia dan masyarakat sekitar tentang cara menjaga kebersihan tubuh dan sanitasi di dalam rumah.

Group Head of Marketing Communications PT Sayap Mas Utama (Representative Yayasan Wings Peduli Kasih) Aristo Kristandyo mengataka, pihaknya ingin berkontribusi dan secara aktif mengedukasi tentang kesadaran kebersihan tubuh dan sanitasi agar sekolah dan lingkungan hidup di Bantar Gebang menjadi lebih sehat dan nyaman.

Dia berharap, apa yang dilakukannya, seperti bantuan fasilitas pendidikan yang dibangun dan penyuluhan yang diberikan dapat memberikan semangat baru bagi warga Bantar Gebang untuk meraih masa depan yang lebih baik.

"Karena dengan lingkungan hidup yang sehat, kita dapat berkarya dan membuat kebaikan setiap hari,” ujar dia dalam keterangannya, Selasa (19/1).

Aristo menambahkan, acara Membangun Impian dari Negeri Sampah dimeriahkan oleh Inne Sudjono, pencerita dan aktivis dunia anak-anak yang memotivasi anak-anak untuk giat belajar dan mencapai cita-cita. Dokter Cinde Puspito juga hadir memberikan penyuluhan tentang pentngnya kesehatan lingkungan hidup dan sanitasi untuk warga masyarakat sekitar pegunungan sampah.

Indah Handayani/MUS

Sumber : http://www.beritasatu.com/kesra/342777-wings-kerja-sosial-di-lingkungan-tpa-bantar-gebang.html

Source :
Kiriman Lainnya