Manfaat Kegiatan Ekstrakulikuler Bagi Anak

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar :

Padatnya aktivitas belajar mengajar di sekolah terkadang tidak menutup minat seorang anak untuk mengikuti kegiatan estrakulikuler. Karena seperti yang kita ketahui, belajar tidaklah selalu bisa dilakukan di dalam kelas. Belajar juga bisa dilakukan di luar ruangan sambil melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan. Karena selain mendukung tumbuh kembang anak, ternyata mengikuti kegiatan ekstrakulikuler juga memberikan banyak manfaat bagi anak. Berikut beberapa manfaat yang akan didapat oleh anak Anda, ketika mereka aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler.

Lebih mengenal dirinya
Dengan mengikuti ekstrakulikuler, maka anak akan lebih mengetahui apa yang menjadi kelebihan dan kelemahan diri mereka. Karena, lingkungan di lokasi estrakulikuler akan membuatnya lebih berkembang.

Lebih percaya diri
Banyak kegiatan ekstrakulikuler yang dapat meningkatkan kepercayaan diri anak. Apalgi jika mereka benar-benar menyukai dan unggul dalam kegiatan ekstrakulikuler yang dipilihnya.

Belajar tanggung jawab
Anak dapat belajar mengenai tanggung jawab ketika melakukan perannya di dalam kegiatan ekstrakulikuler. Sebagai contoh, saat anak dipilih menjadi kapten tim sepak bola di kegiatan ekstrakulikulernya, maka dia akan berusaha menjadi pemimpin bagi teman-teman setimnya.

Belajar bergaul luas
Mengikuti ekstrakulikuler juga akan memperluas pergaulan anak Anda. Karena biasanya, dalam kegiatan ekstrakulikuler mereka akan bertemu dengan teman-teman di luar kelas formal sekolah mereka.

Sarana pelepas stres
Kegiatan ekstrakulikuler biasanya dilakukan di luar jam pelajara formal anak di sekolah. Hal inilah yang dapat menjadikan kegiatan ekstrakulikuler sebagai pelepas stres bagi anak. Asalkan anak tersebut benar-benar menyukai ekstrakulikuler yang mereka ikuti.

Source :
Kiriman Lainnya