Hemat Energi

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar :

Disetiap tempat pasti memiliki energi, energi berasa dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaruhi, contohnya sumber daya alam yang digunakan sebagai sumber energi adalah minyak tanah dan bensin. Jika bahan bakar ini terus digunakan, suatu saat akan habis.Listrik tidak dapat diambil langsung dari alam, listrik dihasilkan dalam stasiun pembangkit listrik, ada stasiun pembangkit listrik yang memakai energi alternatif misalnya energi air, angin dan matahari. Ada pula stasiun pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar batubara, minyak bumi dan gas bumi. Bahan bakar ini digunakan untuk menghasilkan listrik. Akibat proses yang rumit dan sulit, energi listrik menjadi tidak murah, oleh karena itu harga listrik semakin lama semakin mahal dan persediaan bahan bakar fosil amat terbatas.

Proses pembentukan kembali bahan bakar bakar fosil ini amat lama, jutaan tahun. Jika kita tidak menghemat penggunaan-nya, bahan bakar itu jelas akan habis sebelum bahan bakar baru terbentuk.Karena itu kita harus menghemat energi, dengan menghemat energi kita memperlambat habisnya sumber energi dibumi dan mengurangi biaya yangdi keluarkan.

Dengan menghemat energi kita juga mengurangi polusi. Karena semakin sedikit bahan bakar digunakan makin sedikit gas buang dihasilkan

Ada berbagai cara untuk menghemat energi, ialah :

  1. Matikanlampu dan alat listrik lainnya jika tidak digunakan
  2. Gunakan alat listrik yang berfungsi ganda, tetapi hanya menggunakan sedikit energi.
  3. Gunakan lampu hemat energi4.Matikan Kompor gas segera setelah selesai memasak.Dengan menghemat Energi persediaan energidibumi tidak cepat habis, mengurangi biaya dan mengurangi pencemaran.

Sekian

Buletin Kancil 2011 

Source :
Kiriman Lainnya