7 Tips Menyusun Berkas untuk TMPI tahun 2017

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : forumanak.id

Hai anak Indonesia, gmn kabarnya? Sudahkah kita ikut serta dalam Penganugerahan Tunas Muda Pemimpin Indonesia? Jika belum, ayo segera kirimkan berkasnya. 

Buat kalian yang masih bingung cara menyusun nya, berikut Kak Uia kasih 7 tips menyusun berkas TMPI 2017.

1. Tentukan Media apa yang ingin dibuat, Tulisan, video atau komik. 


Jika kamu kesulitan membuat tulisan, kamu bisa menceritakan apa yang ada dipikiran kamu langsung di depan kamera, yup membuat video. 

Atau kamu yang suka gambar, kamu bisa buat komik. Pilih media yang paling mudah kalian buat.

2. Kenali dirikamu

Kamu harus mengenal siapa dirikamu, apa yang kamu suka, apa yang kamu tidak suka, apa yang membuat kamu kesal, apa yang membuat kamu bahagia, lalu bagaimana kondisi keadaan keluarga kamu, kondisi lingkungan disekitar kamu dan apa yang selama ini kamu kerjakan. 

Hal ini penting untuk kamu bisa mengenalman siapa dirikamu kepada orang lain di cerita yang kamu buat. 

3. Cari tau bidang apa yang kalian perjuangankan selama ini? 

Kamu harus mengenali dan mencari tau bidang apa yang selama ini kamu perjuangkan, yang selama ini kamu rasakan, kamu alami atau yang selama ini anak-anak hadapi. 

Sampaikan secara mendalam pendapatmu tentang permasalahan yang kamu atau lingkunganmu hadapi. 


4. Apa yang biasanya kamu lakukan? 

Jangan terlalu binggung, kamu bisa menceritakan apa saja yang kalian sering lakukan, apakah yang kamu lakukan sudah bisa membantu anak-anak dan lingkungan sekitar? Apa saja kendala yang kamu temui, bagaimana kamu menjalankannya. 


5. Temukan Perubahan

Dari apa yang sudah kamu lakukan, amati perubahan yang terjadi. Hal sekecil apapun pasti memiliki dampak perubahan, terkadang perubahan tidak bisa langsung terlihat. Maka kamu harus menemukan nya, kamu bisa berdialog, bertanya atau mengamati apa saja perubahan yang terjadi dengan adanya kegiatan yang kamu lakukan, setelah itu catat, kamu juga bisa menggunakan pendekatan angka, misalnya berapa anak yang mengikuti kegiatan dsb. 


6. Siapkan dokumentasi kegiatan

Kumpulkan lagi foto, catatan, kliping berita, piagam dsb. Foto kegiatan kamu bisa memperkuat berkas tmpi kamu. 

7. Baca kembali panduan TMPI

Baca kembali panduan tmpi di website forumanak.id pastikan kamu sudah memahami apa saja berkas yang harus dikirimkan. Jika masih binggung atau kurang jelas, jangan malu untuk bertanya melalui kontak person yang sudah disediakan. 

Pada Intinya, menyusun berkas TMPI adalah menceritakan siapa dirikita latarbelakang kita, lingkungan kita, permasalahan sekitar kita, apa yang sudah kita lakukan selama ini dan apa perubahan yang telah terjadi. 

Semoga membantu :)
Ayo kirim berkasmu dan ikutan TMPI 2017, ceritakan pada dunia apa yang kalian lakukan.
Source : forumanak.id
Kiriman Lainnya