Siswa SMPN 8 Catat Pelanggaran Pengendara

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar :

YOGYA (KRjogja.com) - Sejumlah siswa siswi SMP N 8 Yogyakarta diajak untuk menggelar aksi damai di jalan raya dalam rangka mengenal norma hukum tertib berlalu lintas. Hal itu dilalukan sebagai bagian proses praktek langsung pembelajaran mapel PPKN. Para siswa kelas 7 ini terlihat membawa sejumlah poster berisi ajakan tertib lalu lintas di Jalan Jendral Sudirman Selasa (12/01/2016) hari ini.

Tak hanya membawa poster, para siswa ini juga diajak untuk mengamati dan mencatat setiap pelanggaran yang dilakukan para pengguna jalan. Seperti melanggar lampu apil, tidak menyebrang di zebra cross, mengendarai kendaraan sambil memakai HP, tidak memakai spion maupun helm dan pelanggaran lainnya.

Pembimbing sekaligus guru mapel PPKN SMP N 8 Yogyakarta, Lastri, menuturkan ada sebanyak 32 siswa yang diajak dalam kegiatan ini. Para siswa tersebut berasal dari 1 rombongan belajar (rombel) yang dibagi dalam 4 kelompok.

"Total ada 8 kelas yang ikut kegiatan ini. Nantinya mereka melakukan kegiatan semacam ini secara bergantian selama satu minggu ini," katanya.

Lastri berharap dengan adanya kegiatan ini anak-anak paling tidak dapat mengingatkan dirinya sendiri agar dapat tertib berlalu lintas dan tidak melanggar peraturan atau hukum berlalu-lintas saat berada di jalan nantinya. Selain itu juga agar mengingatkan pengguna jalan lainnya.

"Dengan praktek di jalan seperti ini anak diharapkan dapat memahami dan menyerap pelajaran dengan lebih baik. Selain itu anak juga dapat lebih senang mengikuti pelajaran PPKN yang selama ini seolah kurang menyenangkan. Kegiatan semacam ini juga salah satu implementasi pembelajaran kurikulum 2013," pungkasnya. (R-3)

 

Source :
Kiriman Lainnya