Cara Menolak Ajakan Teman atau Orang Dewasa Untuk Merokok

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar :

Hai semua, semoga hari seninya menyenangkan, jangan benci sama hari senin ya aktivitas dihari ini memang melelahkan tapi tetap harus disyukuri sebagai tanda kita masih menikmati hidup. Kali ini mau sedikit kasih tips untuk menolak ajakan teman atau orang dewasa untuk merokok. Sebelum itu kita harus paham dong sekilas tentang bahaya rokok bagi kesehatan kita. Untuk itu, dari sekarang perbanyak wawasan kita tentang rokok, eitss.. Tetap harus inget, kita mengetahui informasi untuk disebarluaskan kepada teman-teman yang lain, bukan untuk pribadi atau bahkan ingin mencoba merokok. Jangan sampe ya teman – teman.  

Bahaya rokok perlu teman – teman ketahuin kandungan rokok itu tidak ada yang bagus untuk kesehatan tubuh, dalam rokok tergadung zat nikotin dan tar. Zat nikotin membuat kitakecanduan/ketagihan untuk terus merokok, jika mencoba sekali akan ada rasa ingin mencoba kembali secara terus menerus. Sedangkan, Tar dapat menyebabkan beberapa organ tubuh kita sakit , penyakit terburuk yang ditimbulkan oleh zat ini adalah kanker. Ihhh serem kan, so masih mau untuk merokok.  

Ada beberapa anggapan tentang merokok  

" Merokok itu kan keren identitas cowok, banci saja kalo cowok nggak merokok"  

Identitas cowok bukan dilihat dari satu puntung rokok yang mereka hisap, tapi banyak hal misal, kepribadian yang sopan, tutur kata yang baik, dan peduli sesama, itu baru cowok sejati. 

 "Lah ayah saya merokok, masa saya tidak ikut mencoba" 

Jika ada orang tua atau orang dewasa yang sedang merokok, cukup jaga jarak dengan mereka karena paparan asap rokok bisa membuat kita sesak dan terbatuk-batuk , jadi jangan coba-coba.  

Mungkin ini beberapa pendapat orang tentang merokok, lalu buat kami anak – anak yang masih polos bagimana cara menghindari ajakan tersebut ?, ini dia caranya.  

  1. Hindari berkumpul dengan teman yang merokok, salah satu faktor yang bisa membuat kita ikut – ikutan merokok adalah lingkukan teman sebaya, buat yang teman karibnya berokok cukup ingatkan , jika tidak mengerti juga hindari saja saat – saat dia sedang merokok. Teman – teman harus pandai jaga diri dan jangan mau untuk mencoba rokok.  

  2. Jangan pernah takut untuk mengatakan kepada orang kalo kamu bukan perokok dan tidak tertarik dengan rokok ingetnya tetap harus sopan ya. Contohnya begini :  

" Hey sini ada rokok cobain deh enak loh, bisa buat kamu santai dan sejenak lupain masalah" 

"Maaf saya tidak merokok, jika boleh saya ingin pergi sebentar untuk mencari udara segar" 

Mungkin itu contoh sederhananya saja, teman - teman bisa coba kombinasi kata – kata sopan yang lain. 

 

3. Banyak cari informasi seputar rokok dan bahanya , supaya kita tidak tabu lagi seputar rokok dan mudah membuat alasan jika ada yang menawarkan untuk merokok, jangan lupa sebarluaskan juga informasi yang kita dapat kepada teman kita yang lain.  

4. Berfikir lebih luas, dan canamkan ini baik – baik. Rokok bukan untuk sarana pergaulan. 

Dari beberapa tips diatas semoga bisa bermanfaat buat teman- teman semua, bagi yang belum merokok terus pertahankan ya, dan yang sudah merokok, yuk berhenti masih belum terlambat ko, taglinenya rokok saja serem banget kan "Rokok dapat membunuh mu" jadi masih mau untuk merokok.

Source :
Kiriman Lainnya