4 Isu Pelopor dan Pelapor (2P) Forum Anak

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar : statusfan.com

Anak Indonesia, Apaa kabar? 
Luar Biasaaaaa, semoga semangat nya terus dijaga yah.

Buat Kalian yang belum tau apa itu 2P? Tulisan ini akan bercerita tentang apa itu 2P dan apa saja Fokus isu yang ada di dalamnya. 

Pelopor dan Pelapor atau disebut 2P adalah Sikap Positif dan Semangat yang harus dimiliki oleh Anak Indonesia. 

Pelopor berarti menjadi Agen Perubahan.
Terlibat Aktif memanfaatkan waktu luang untuk kegiatan positif, bermanfaat dan bisa menginspirasi banyak orang sehingga banyak yang ikut terlibat melakukan perubahan yang lebih baik lagi.

Pelapor berarti terlibat aktif menyampaikan pendapat/pandangan ketika mengalami, atau melihat atau merasakan tidak terpenuhinya hak perlindungan anak disekitamu, Kamu bisa melaporkan kepada badan yang menangani permasalahan perlindungan anak seperti P2TP2A, Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (UPPA) dan sebagainya. 

Deputi Tumbuh Kembang Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, Ibu Lenny N. Rosalin, Beliau yang pertama kali menggagas Ide Pelopor dan Pelapor bagi Forum anak. 

Dalam kesempatan nya saat menutup Kegiatan Pelatihan Fasilitator Forum Anak pada 21 - 22 Juni 2016 tahun lalu, Beliau mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Fasilitator Forum Anak karena telah mendampingi forum anak dan mendorong adik-adik forum anak untuk memiliki semangat Pelopor dan Pelapor.

Beliau menjelaskan bahwa kita tidak bisa menyelesaikan semua permasalahan anak, kita butuh saling bergerak pada setiap bidang yang kita kuasai, kita butuh berbagi peran bersama. 

Maka dipilihlah 4 permasalahan anak yang menjadi prioritas dan sudah atau sedang dilakukan oleh Forum anak, sehingga dirasa perlu adanya dukungan pemerintah dalam hal ini adalah dengan dimasukannya kedalam 4 isu Pelopor dan Pelapor Forum Anak. 

Lalu apa saja isu 2P itu? 
  1. Jauhkan Anak dari Paparan dan Iklan Rokok (isu Rokok).
  2. Menjadikan Internet Sahabat Anak (isu Internet) 
  3. Stop Pernikahan Usia Anak
  4. Menjaga Lingkungan dimulai dari diri sendiri (Perubahan Iklim).
Selain 4 isu tersebut, ada banyak sekali isu yang masuk kedalam 2P, misalnya Pencegahan Napza, Budayakan Membaca, Cinta Tanah Air dan sebagainya. 

Semangat 2P terus dilakukan dan disebarluaskan khusunya Agen Perubahan dari Forum Anak agar semangat ini bisa terus mengurangi permasalahan anak di indonesia.

Pelatihan Pelopor dan Pelapor juga terus dilakukan diberbagai daerah, jika daerahmu belum ada pelatihan 2P maka kamu bisa sampaikan kepada Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak daerahmu agar berkoordinasi dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. 

Semoga tulisan ini bermanfaat.
Salam Anak Indonesia!
Source : statusfan.com
Kiriman Lainnya