1.240 Anak Menari Menjaga Budaya Betawi

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar :

Jakarta-Setu Babakan terlihat semarak, di Minggu pagi.  Sebanyak 1.240 anak dari Jakarta Selatan menari dan menyanyi lagu ondel-ondel setelah mewarnai topeng dan menuliskan harapan mereka mengenai budaya Betawi. "Setu Babakan ini dikenal sebagai kampung Budaya Betawi. Karena itu acara 1.000 Anak Menari kami adakan disini,” kata Arie Bekti Budi Hastuari yang menggagas acara ini bersama Yayasan Sekar Nusa yang dipimpinnya.

Arie yang aktif mengajar anak-anak di berbagai kota di Indonesia untuk mengenal dan aktif mempelajari budaya daerahnya masing-masing mengatakan, pembentukan karakter anak dapat dilakukan melalui kegiatan budaya. Dan anak-anak Sekolah Dasar (SD) menjadi pilihannya agar perilaku yang baik sudah ditanamkan sejak dini.

Kalau tahun ini Yayasan Sekar Nusa mengangkat budaya Betawi, tahun 2015 lalu mereka menggelar Pekan Budaya Dayak di Kalimantan Timur. Acara itu juga dimeriahkan oleh tarian suku Dayak yang dibawakan oleh 1.000 lebih anak-anak SD.

Acara Setu Babakan Menari yang berlangsung sejak 23 April kemarin juga diisi dengan diskusi buku, melibatkan Abang None Buku (Abnonku). “Kemajuan teknologi komunikasi membuat anak-anak lebih asyik browsing lewat laptop dan HP daripada membaca buku tebal dan membutuhkan konsentrasi tinggi,” lanjutnya.Padahal, kata Arie, banyak informasi yang bisa didapat dari sebuah buku. Yang tadinya tidak tahu menjadi tahu, karena buku memperkaya khazanah pengetahuan serta kualitas pembacanya. Tak heran kalau ada pandangan bahwa rendahnya minat baca akan ikut memerosotkan kualitas siswa.

Acara yang berlangsung meriah tersebut didukung oleh Lembaga Kebudayaan Betawi, UPK Setu Babakan, Sudin Budaya & Pariwisata serta Kantor Perpustakaan & Arsip Jakarta Selatan. “Kami berharap agar persahabatan antara sanggar dan sekolah pecinta seni budaya Betawi dapat menyebarkan pengaruh positif pada anak, remaja dan semua orang terutama yang hidup di Jakarta. Semoga semua dapat bersama-sama menjaga budaya dan meningkatkan minat membaca,” ujar Arie.

Putu Anggreni/PU

Sumber : 

http://www.beritasatu.com/hiburan/361711-1240-anak-menari-menjaga-budaya-betawi.html

Majalah Investor

Source :
Kiriman Lainnya