5 Kewajiban Anak yang harus kamu ketahui!

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar :

Sebagai seorang anak, kamu memiliki 31 hak anak yang harus didapat. Tapi tahu kah kamu? Jika kamu juga memiliki 5 kewajiban anak? Hak dan Kewajiban haruslah seimbang. Hak dan kewajiban Anak tertuang pada Undang-undang Perlindungan Anak Nomor 35 tahun 2014.

Apa saja Kewajiban kamu? Ini dia 5 kewajiban kamu sebagai Seorang anak.

  1. Menghormati Orang tua

    Menghormati orang tua - Statusfan.com

    sumber foto : ytimg.com
    Ini adalah Kewajiban yang paling pertama dan utama. Tentu sebagai seorang anak harus menghormati orang tua, ibu dan ayah adalah orang yang merawat dan menjaga kita dari kecil. Bagaimanapun orang tua kita, kita harus menghormatinya. Guru adalah orang tua kita di sekolah, karenanya kita bisa mendapatkan ilmu pengetahuan jadi menghormati guru sama dengan menghormati orang tua kita dirumah. Dalam perintah Agama pun menekankan tentang menghormati ibu dan ayah. Jadi harus di ingat yah, nanti kalo tidak menghormati bisa durhaka.

  2. Mencintai Keluarga, Masyarakat dan menyayangi teman.

    statusfan.com

    sumber foto : twitter forum anak
    Kewajiban kedua adalah mencintai keluarga, adik, kakak, nenek, kakek, bibi, paman ataupun sepupu adalah orang-orang yang sangat sekali dekat dengan kita. Maka sebagai sebuah keluarga kita harus saling mencintai dan mengasihi yah. Ingat lagu Keluarga cemara ? “Hal yang paling indah,, adalah keluarga..” selain itu kita juga harus mencintai masyarakat dan menyanyangi teman. Misalnya membantu tentang kita yang kesusahan, bermain bersama teman di sekitar rumah dan lainnya, tidak boleh saling bertengkar ataupun bermusuhan yah..

  3. Mencintai Tanah Air, Bangsa dan Negara.

    sumber foto : kompas.com
    Nah ini yang paling keren, Kewajiban kita yang ketiga adalah Mencintai Tanah Air, Bangsa dan Negara. Indonesia yang begitu beragam, begitu kaya dan begitu indah haruslah kita jaga. Rasa mencintai harus kita tumbuhkan dengan cara menjaga persaudaraan, menjaga kebhinekaan, menjaga rasa persatuan. Apa lagi pas tujuh belasan, wah itu paling seru. Rasa Nasionalisme kita tumbuh bergelora. Kalian juga bisa tunjukan sampai ketingkat dunia melalui kompetisi/lomba-lomba yang bisa kalian ikuti ditingkat internasional dan jangan lupa Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah salah satu bentuk mencintai Tanah Air, Bangsa dan Negara.

  4. Menunaikan Ibadah sesuai dengan ajaran agamanya.

    sumber foto : pusakaindonesia.org
    Kewajiban selanjutnya adalah Menunaikan Ibadah sesuai dengan ajaran agamanya. Hayo sudah kah kalian menunaikan ibadah? Jangan sampai lupa atau tidak mengerjakan ibadah yah. Selain itu kita harus saling menghormati teman yang sedang menunaikan ibadahnya.

  5. Melaksanakan Etika dan Akhlak Mulia.

    Kewajiban yang terakhir adalah Melaksanakan Etika dan Akhlak Mulia, yang membedakan manusia dengan mahkluk lain adalah adanya etika dan akhlak mulia. Seperti memberi salam, saling bertegur sapa, berbicara sopan santun, menghargai pendapat teman, berkata jujur, mau mengakui kesalahan, menghargai orang lain, membantu orang yang membutuhkan, tidak sombong dan masih banyak lagi. Etika dan Akhlak Mulia mencerminkan budaya orang indonesia, yaitu budaya ketimuran yang penuh dengan sopan santun.

5 Kewajiban ini lah yang harus kita laksanakan. Dengan begitu hak kalian akan terpenuhi. Sudah menjadi tanggung jawab dari pemerintah untuk menjamin pemenuhan hak anak kalian. Maka dari itu yuk mulai dari sekarang kita laksanakan kewajiban kita sebagai seorang Anak.

Anak Indonesia ..
Anak Indonesia, Luar Biasa..
Anak Indonesia, 100% Cinta Indonesia..

Source :
Kiriman Lainnya