Oleh : TulisanKinari
Kategori : Forum Anak

Bunda sedang mau mengadakan acara ulang tahun buat si kecil yang berusia TK? Bunda mungkin sedang mencari macam macam permainan untuk anak TK. Tenang saja, kita akan memberikan daftar permainan sehingga si kecil tidak kebosanan. Yang penting bunda siapin sendiri penganan dan bingkisan dari mereka ya.

Permainan anak yang mendidik tentunya bisa diambil dari aktifitas yang sering dilakukan yang sekolah. Pastinya kegiatan ini sudah diuji oleh para pakar dan penuh pertimbangan dari para guru yang memahami dunia edukasi anak.

1. Menyusun puzzle

Bunda bisa menyediakan puzzle dengan potongan ukuran besar dengan gambar-gambar kartun yang menarik perhatian anak. Nah puzzle ini perlu disusun baik sendiri atau berkelompok. Tujuan dari aktifitas ini adalah memacu si kecil untuk berpikir cepat.

2. Tepuk tangan bersama

Kegiatan tepuk tangan sangat bagus untuk koordinasi tangan anak. Selain itu permainan ini sangat simple. Bunda cukup membuat sebuah cerita pendek atau memainkan musik, di mana pada kata-kata tertentu si kecil perlu bertepuk tangan.

3. Mewarnai

Bunda bisa menyediakan berbagai kertas yang sudah diprint gambar kartun namun tanpa warna. Selain itu sediakan juga peralatan mewarnai dan biarkan si kecil mewarnai hingga puas. Bunda juga meminta si kecil untuk menggambar dengan tema seperti “teman baik”, “olahraga” dan menceritakan alasan pemilihan gambar tersebut.

4. Mencari Teman

Permainan yang satu ini adalah permainan berkelompok. Selain itu permainan ini akan mengajak si kecil bergerak dan berlari serta interaksi dengan teman-teman sebayanya. Bunda cukup memberikan sebuah nama dan minta mereka mencari teman yang memiliki nama yang sama.

5. Mencari benda sebanyak mungkin

Bunda juga bisa menyimpan berbagai benda di tempat yang agak tersembunyi. Benda-benda tersebut tentulah sesuatu yang disukai anak-anak seperti permen, pensil dan lain-lain. Mintalah si kecil untuk mengumpulkan barang tersebut sebanyak mungkin pada satu area tertentu yang bunda telah buat. Kegiatan ini tentunya bisa meningkatkan daya konsentrasi anak dan detail.

6. Menebak Benda

Bunda butuh menyediakan bungkusan hitam seperti plastik dan masukkan barang-barang yang familiar dengan si kecil di dalamnya. Setelah itu ajak si kecil menutup mata untuk memasukkan tangan ke dalamnya dan tebak barang apa yang dia raba dan cium.

7. Tom & Jerry

Permainan yang satu ini sangat asyik dan seru. Jadi di dalam permainan berkelompok ini ada anak yang diberi kertas “Tom” dan satu lagi “Jerry”.  Teman-teman lainnya akan bergandengan tangan membentuk pagar. Tugas Tom adalah menangkap Jerry sambil dihalang-halangi oleh teman-teman yang berbentuk pagar. Buatlah pagar yang tidak terlalu besar agar permainan tambah seru.

8. Membangun menara

Bunda perlu menyiapkan balok kecil berwarna warni. Bunda bisa membuatnya dari kardus atau kertas. Pada permainan anak yang mendidik ini, si kecil secara bergilir akan menyusun balok-balok tersebut dengan rapi sehingga menjadi menara. Manfaat dari aktifitas ini adalah si kecil akan belajar sabar dan teliti.

9. Hitam Hijau

Pada permainan ini, bunda perlu menyiapkan lapangan segi empat dengan garis pembatas. Kemudian bagi lapangan tersebut menjadi dua. Setelah siapkan garis bebas di dekat sisi terluar lapangan. Untuk bermain, bunda perlu membagi si kecil menjadi dua kelompok; hitam dan hijau. Antar regu berdiri hadap-hadapan. Nah bila bunda menyebutkan salah satu regu, maka regu tersebut harus segera menuju garis bebas sementara regu lainnya berusaha menangkap mereka. Pemenangnya adalah regu dengan tim paling banyak selamat.

10. Lompat Tali

Bunda bisa menyiapkan karet yang disambung atau tali. Setelah itu pilihlah dua anak untuk menjadi pemutar tali. Anak-anak lainnya, bisa lebih dari satu akan melompat sementara tali diputar. Bila terkena tali maka dia akan keluar dan bergantian dengan pemutar tali.

Seru kan macam macam permainan untuk anak TK ini. Jadi bunda sudah dapat ide deh untuk permainan di acara ulang tahun si kecil. Selamat mencoba!

SHARE!

TulisanKinari

""

Follow


8 Mading


Suara Anak Situbondo Tahun 2018

Kategori : Forum Anak