Jurusan IPA vs Jurusan IPS

  • AWESOME!13
    • 7
    • 5
    • 4
    • 1
    • 0
sumber gambar :

JURUSAN IPA VS JURUSAN IPS


Halo kawan! Salam kenal ya namaku Gagas Lambang Pamungkas.

Buat kalian yang saat ini baru beranjak masuk SMA atau sudah masuk SMA atau bahkan sudah menjadi alumni pasti tau dong dengan penjurusan IPA dengan IPS, bahkan ada jurusan BAHASA. Namun secara umum pengelompokan jurusan Di SMA ada IPA dan IPS.

Sebenernya apa sih tujuan dari penjurusan? Jadi penjurusan itu punya tujuan agar kita sebagai siswa fokus ke salah satu pengelompokan ilmu tersebut. Berarti gini, umpama kalian di jurusan IPS kalian akan fokus belajar terhadap ilmu lingkungan sosial masyarakat seperti geografi, ekonomi, sosiologi, sejarah, dll. Sebaliknya, kalau kalian di IPA kalian akan di fokuskan terhadap kejadian atau gejala alam seperti fisika, kimia, biologi, dll.

Aku punya cerita nih, dulu aku punya temen SMP yang ketika masuk SMA masuk ke jurusan IPS. Dia sangat aktif dalam kegiatan lomba, namun ada dari beberapa teman nya bertanya, 

"KOK KAMU MASUK IPS SIH? KAN KAMU PINTER? APA NILAI IPA KAMU GA MENCUKUPI?"

Nah lho! Emang anak IPA identik dengan pintar ya? Emang nya kalau anak pintar harus masuk IPA ya? Emang nya anak IPS tidak sepintar anak IPA ya?

Menurut aku sih dari awal pengelompokan penjurusan di awal masuk SMA pasti mempunyai tujuan untuk fokus di ranah ilmu nya masing masing.

Namunnnn.... realitanya, di dunia pendidikan kita sekarang ini terdapat keanehan yang sangat sering kita lihat, dimana jurusan IPA dinilai lebih superior dibanding dengan jurusan IPS. Di masyarakat sendiri anak IPA dianggap anak yang rajin, anak pintar, anak yang suka hitung hitungan, anak baik-baik, anak pekerja keras. Sedangkan, anak IPS sendiri dinilai anak tukang main, anak malas, anak yang kurang sopan, anak yang ke sekolah hanya ingin bermain. Benar tidak? Pastinya diantara kita ada yang beranggapan seperti itu. 

Pandangan ini sepertinya bukan cuman kita aja yang mengalaminya, bahkan sampai ke orang tua pun atau bahkan sampai guru sekalipun memiliki pandangan yang sama. NAH LHO NAH LHO! So kali ini aku akan meluruskan pandangan yang keliru mengenai dua penjurusan tadi. 
 

1. Jurusan IPA Lebih Bergengsi Dibandingkan Jurusan IPS

Nah, gak banyak dong diantara orang tua kita yang pingin anaknya masuk ke jurusan IPA. Bahkan ada anak yang cuma gak mau di cap sebagai "Anak yang kurang belajar jadi ga mampu masuk IPA" ya jadi terpaksa deh masuk IPA padahal bukan minatnya. 

Menurut aku sih, mau IPA atau IPS kita harus punya standar masing masing, bukan berarti karena kita sulit dalam hitungan namun karena tuntutan orang tua kita harus masuk IPA. So, intinya mau masuk IPA atau IPS itu tergantung minat dari masing masing siswa. Kalo emang minat di ilmu sosial kenapa harus gengsi?
 

2. Lebih Penting Mengahafal (IPS) atau Menghitung (IPA)

Ada anggapan dimana kalau anak IPA dianggap kuat di hitungan, sebaliknya anak IPS lebih kuat di hapalan? 

JRENG JRENG... Emang bener ya? Anggapan seperti ini menurutku jadinya siswa SMA dibagi jadi dua rumpun, hitungan dan hapalan.

Bahkan ada yang bilang gini nih,

"KENAPA HARUS BINGUNG MILIH JURUSAN, KAN LO PINTER HITUNG HITUNGAN, YAUDAH MASUK IPA AJA"

Haloo. Anggapan itu sudah sangat menyimpang. Idealnya, IPA ataupun IPS kalian ga perlu pusing masalah hitungan atau hapalan. Yang jadi masalah bagaimana kalian harus ngerti apa sih yang disampaikan dari guru kalian akan konsep jurusan itu. Ibarat kalau kalian sudah mengerti konsep yang dikasih, kalian akan mengerti seterusnya dalam rumpun ilmu itu. So? Nanti nya masalah hafalan atau hitungan itu belakangan deh, intinya kalian mengerti dulu.


Oke, Aku ada tips nih untuk yang bingung memilih IPA atau IPS.

# Tips Memilih Jurusan IPA atau IPS

1. Pikirkan cita cita kalian mulai dari sekarang.
2. Jangan ikut ikutan teman.
3. Bila perlu tanyakan orang tua, ingat jangan sampai tertekan akan pendapat orang tua.
4. Tanya kakak kelas atau alumni yang lebih dahulu memasuki penjurusan.
5. Lihat nilai akademis kalian, lebih menonjol kemana. Apabila keduanya menonjol ga ada salahnya dong konsultasi ke BK atau orang tua.
6. Enggak ada salahnya dong kalian bawa dalam ibadah dan doa masalah penjurusan.

Oke mungkin cukup sekian artikel ku. Jadi, mulai sekarang jangan sampai kalian salah memilih jurusan ya. dan STOP MEMBEDA - BEDAKAN JURUSAN!

Source :
Kiriman Lainnya