Oleh : Rifandy Zulvan
Kategori : Internet Sahabat Anak

"Youtube youtube youtube lebih dari tv". Mungkin kalimat itu sdah tidak asing di telinga kita, akan tetapi apakah tontonan youtube untuk anak itu lebih baik daripada tontonan tv? 

Berikut penjelasannya.

YouTube adalah sebuah situs web video sharing(berbagi video)popular dimana para pengguna dapat memuat , menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di youtube adalah klip music(video klip),film,TV, serta video buatan para penggunanya sendii. Format yang digunakan video-video di Youtube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plug in Flash Player.
Pada dasarnya YouTube memungkinkan dibayar iklan untuk bisnis, serta memungkinkan  perusahaan untuk mendapatkan nama mereka diluar sana secara gratis. Ada jutaan pemirsa potensial di seluruh dunia(lebih dari 200jt  video dilihat setiap hari) semua orang dapat mengakses berbagai macam video yang telah di unggah oleh orang banyak. Tidak sedikit video yang tidak etis yang dapat berdampak buruk bagi penggunanya.Tidak menutup kemungkinan  anak-anak dibawah umur ikut menyaksikan video yang negative sebab kini YouTube cukup bebas dan tidak sedikit pula mengandung  adegan kekerasan,perusak moral, dan pornografi. Tentu saja berbahaya bila anak mengakses video yang tidak baik ditonton di umurnya yang masih belum cukup untuk ia tonton  sehingga dapat berdampak buruk bagi anak sebab tayangan-tayangan tersebut mudah diakses. Hal ini merupakan suatu pemicu utama dari perusak moral dan penyebab seringnya terjadi pelecehan yang dilakukan anak-anak kepada teman sebayanya.
 
Berikut adalah contoh dampak negative dari youtube yang mempengaruhi kondisi anak :
  1. Anak menggunakan bahasa yang kurang sopan
Kini tidak sedikit video di YouTube menggunakan bahasa yang tidak sopan dan tidak di sensor, bahkan tidak sedikit pula bahasa yang tidak sopan itu digunakan oleh Youtuber (sebutan untuk orang yang membagikan video tentang dirinya). Ini dapat mengakibatkan orang yang menontonnya perlahan-lahan akan mengikuti bahasa yang tidak sopan yang digunakan para Youtuber  menjadi bahasa sehari-hari atau bahas gaul yang akan ia gunakan di sekitar lingkungannya. Jika yang menontonnya anak –anak maka tidak menutup kemungkinan anak juga akan mengikuti menggunakan bahasa yang tidak sopan tersebut bahkan mungkin  ia akan menggunakan bahasa tersebut sebagai bahasa sehari-hari
  1. Anak bertingkah tidak sopan
Diakibatkan pada zaman sekarang YouTube mudah diakses dan cukup bebas . tidak sedikit pula anak-anak yang kecanduan menonton YouTube apalagi bila anak tidak bisa menontonYouTube dirumah, mereka bisa menonton Video Youtube di Warnet(warung internet) . Anak yang kecanduan menonton Youtube akan melakukan apa saja agar dia tetap bisa menonton YouTube , tidak sedikit anak yang malah marah ketika dilarang untuk menonton YouTube. Anak juga mudah untuk mengikuti apa yang ia tonton yang berbahayanya bila anak malah mengikuti sesuatu yang buruk seperti kekerasan atau penggunaan bahasa yang buruk juga . Sehingga anak memiliki tingkah laku yang buruk karena menonton tontonan yang tidak baik ia tonton. Tidak menutup kemungkuan bila anak akan memukul orang lain saat bermain atau saat ia dilarang menonton YouTube oleh orang lain.
  1. Salah pergaulan
Anak yang sudah rusak akan menularkan kerusakan pada lingkungan pergaulannya juga sehingga anak yang lain akan ikut rusak walau bukan karena yutub
 
Kesimpulan
Youtube memang salah satu bagian dari internet yang mencakupi hal-hal yang sangat luas.Yang memungkinkan adanya konton-konten yang tak pantas untuk anak.
Maka dari itu perlu pengawasan yang ketat dari orang tua bila anak-anak sudah mengenal Youtube,agar sikap dan moral anak itu selalu positip.
 
 
 

SHARE!

Rifandy Zulvan

""

Follow


3 Mading


Pentas Boneka Tangan Forum Anak Surakarta

Kategori : Internet Sahabat Anak

Wujudkan Internet Sehat Melalui PERDES Pasal 34

Kategori : Internet Sahabat Anak

Proteksi Konten Negatif Internet

Kategori : Internet Sahabat Anak