Oleh : Uiaciel
Kategori : Tips dan Trik

Anak Indonesia, semangat terus yah! 
Banyak sekali yang bertanya sama Kak Uia tentang bagaimana caranya melatih dirikita untuk menulis. Terkadang Menulis menjadi suatu kegiatan yang paling sulit dilakukan walaupun kita ingin sekali melakukannya. 

Jadi, tips simple menulis adalah bercerita! "Kok bercerita kak?" 

Kendala menulis saat Kak Uia pertama  belajar menulis adalah Blank depan Kertas, binggung mau nulis apa, binggung mulainya dari mana.

Menulis itu butuh bahan atau refrensi, jadi prosesnya kita harus memiliki bahan atau topik yang ingin kita tulis lalu kita olah menjadi tulisan.

Nah mungkin proses menulis itu "ribet" dibayangan kalian, maka kita harus mulai dari hal yang paling mudah, harus ada di sekitar kita, harus ada di dekat kita dan yang paking kita kenal. Apa yang paling dekat dan paling kita kenal? Tentu saja dirikita, kebiasaan kita aktivitas kita. 

Jadi Tips nya adalah.. 
  1. Mulailah bercerita tentang dirikamu, aktivitas kamu, kebiasaan kamu bahkan perasaan kamu. Baper boleh kokk.. 
  2. Jangan langsung kamu tulis, cobalah bercerita, ungkapkan secara lisan lalu kamu rekam suara kamu. Edisi curhat gtu.. 
  3. Lalu Dengarkan hasil rekaman kamu, trus tuliskan apa yang kamu dengar..

Hal ini bisa melatih kamu menulis, gunakan pendengaran kamu untuk menceritakan apa yang kamu dengar kedalam tulisan, dengan begitu kamu tidak akan binggung ke habisan bahan. 

"Menulis adalah suatu cara untuk bicara, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk menyapa—suatu cara untuk menyentuh seseorang yang lain entah di mana." Seno Gumira Ajidarma

Selamat mencoba, 
Jika punya tips lain, Share yah di Statusfan.com

 

SHARE!

Uiaciel Terverifikasi

"Founder Statusfan.com, Anak muda yang aktif berkegiatan dan berbagi dengan anak-anak indonesia, Fasilitator Forum Anak Nasional"

Follow


180 Mading


TIPS MAKAN DAN DIET SEHAT

Kategori : Tips dan Trik