Oleh : Imam Rahma Sanjaya
Kategori : Tips dan Trik

Siapa yang suka memotret? Pasti kebanyakan remaja seperti kita sering sekali mengabadikan moment yang sering kita lewatkan, apalagi ketika sedang berwisata. Nah kamera di handphone juga dapat kita gunakan untuk memotret dengan hasil yang bagus loh, asalkan kita bisa menggunakannya dengan baik.
 
Kali ini aku mau sharing nih tentang trik untuk memotret dengan handphone agar bisa mendapatkan hasil yang bagus sesuai dengan pengalamanku sendiri.
 
1. Pencahayaan Yang Cukup
Pencahayaan merupakan faktor utama untuk membuat foto menjadi bagus, karena kamera pada handphone tidak memiliki sensitif lensa terhadap cahaya dengan baik. Oleh karena itu ketika hendak memotret kita harus memperhatikan lingkungan apakah cahayanya sudah cukup dengan kualitas foto yang kita harapkan. Biasanya memotret dengan handphone di luar ruangan lebih bagus daripada didalam ruangan. Kemudian ketika dirasa masih gelap maka kita dapat menggunakan flash, namun sebaiknya ketika menggunaan flash gunakan pada jarak 2 sampai 3 meter saja. Jika terlalu dekat maka akan terlalu terang dan jika terlalu jauh malah kurang terang jadinya.
 
2. Jangan Gunakan Zoom +
tahukah kamu bahwa kamera handphone cenderung untuk memperkecil objek foto, oleh sebab itu kita harus memotret dengan jarak yang cukup. Biasanya orang lebih suka melakukan zoom pada kamera ketika hendak memotret, namun tahukah anda bahwa ketika kita memotret menggunakan fitur zoom akan menurunkan resolusi pada hasil foto nantinya. Jadi fitur zoom akan membuat hasil foto menjadi tidak tajam dan jika diperbesar lagi menjadi buram tidak fokus, oleh sebab itu sebaiknya jangan menggunakan fitur zoom. Alangkah lebih baiknya langsung saja kita dekati objeknya ketika hendak memotret dengan kamera handphone.
 
3. Jaga Kestabilan Ketika Sedang Memotret
Tektnik selanjutnya yaitu dengan memegang handphone pada posisi stabil, jangan sampai bergerak ketika hendak memotret. Semakin stabil kita memegang handphone maka akan semakin bagus pula hasil foto yang kita ambil. Triknya agar tidak bergerak biasanya aku menahan nafas ketika mengambil gambar, maka taraa tidak bergerak sedikitpun dan hasilnya menjadi sangat focus dan baik.
 
4. Gunakan Resolusi Tinggi
Ketika kita mengatur menjadi resolusi tinggi tentu saja ukuran file foto atau gambar akan menjadi lebih besar, pastikan handphone yang dimiliki memiliki memory yang cukup dan spesifikasi resolusi kamera yang cukup bagus. Dalam hal ini spesifikasi dari hp / smartphone juga dituntut untuk lebih baik lagi.
 
5.Gunakan Mode HDR
Mode HDR adalah mode yang paling sering aku gunakan. Mode ini dapat membuat hasil foto menjadi lebih tajam dan lebih bagus. Tetapi apabila mengambil gambar dengan mode ini kamu harus sabar karena agak sedikit lama proses pengambilannya dan sama sekali tidak boleh bergerak sedikitpun. Karena ada gerakan sedikit saja akan membuat hasil foto menjadi blur.
 
6. Bersihkan Lensa Kamera
Agar foto menjadi lebih jernih, selalu bersihkan lensa kamera agar terhindar dari debu. Maka foto yang kita ambil dapat lebih baik.
 
7. Gunakan Efek / Edit Foto
cara terjitu apabila hasil foto kurang bagus aku sering sebut dengan “the power of editan” hehe, ya mengedit adalah cara terakhir apabila kamu ingin membuat foto yang diambil menjadi lebih bagus. Tapi ingat jangan mengedit foto berlebihan karena dapat membuat foto menjadi tidak cantik dilihat.
 
 

SHARE!

Imam Rahma Sanjaya

""

Follow


48 Mading


TIPS MAKAN DAN DIET SEHAT

Kategori : Tips dan Trik