Oleh : Tika Nurkholifa Karawang
Kategori : Tips dan Trik

1. Daun-daunan.
Makan sayur selalu menjadi cadangan untuk pola makan yang sehat loh temen-temen. Namun sayuran seperti apa yang sebaiknya dipilih? tambah hidangan berasaskan tanaman terutama daun-daunan dalam pola makan harian.

2. Protein haiwan dari sumber terbaik.
Jika ingin makan daging, seafood, ayam pilih produk yang diternak di persekitaran sehat temen-temen. Dengan kata lain, hanya pengambilan makanan yang berasal dari sumber terbaik. Anda boleh menemuinya dengan panduan dari berbagai media.

3. Sayur-sayuran aneka warna.
Variasi makanan bukan hanya membuat waktu makan lebih menyenangkan. Kita boleh menambah variasi makanan dari ragam pilihan warna sayur. Selain kelihatan lebih cantik dan memancing selera makan, sayur-sayuran aneka warna dalam satu hidangan menu harian mengandungi lebih banyak antioksidan yang perlu untuk melawan penyakit kronik.

4. Junk food buatan sendiri.
Kalau temen-temen ingin makan junk food, tak perlu menahan keinginan ini. temen-temen boleh menikmatinya asalkan memasak sendiri di rumah.

5. Roti gandum.
Semakin putih warna roti semakin tinggi risiko kesehatannya. Jadi pilih roti gandum dan meminimumkan penggunaan produk berasaskan tepung putih.

6. Gunakan makanan segar.
Apabila membeli di pasar raya, jangan tertipu dengan produk makanan yang telah diproses yang banyak terdapat di pasar-pasar raya. Sebaiknya beli makanan segar bukan makanan yang telah diproses.

7. Gantikan makanan ringan dengan sayur dan buah.
Gantikan aneka makanan ringan yang banyak mengandung garam, lemak dan gula dengan sayur dan buah.

8. Makan ikan sarden.
Ikan sarden boleh menjadi salah satu pilihan makanan kaya nutrisi. Kandungan omega-3 pada ikan sardin lebih tinggi berbanding salmon atau tuna.

9. Kembali ke tradisi.
Makan makanan dengan mengikuti tradisi kadang-kadang lebih sehat dibandingkan dengan diet masa kini. Sejumlah negara punya tradisi makan yang lebih sihat seperti Perancis, atau Jepang. Kita boleh meniru bagaimana masyarakat di negara-negara ini menjalankan tradisi makan mereka yang ternyata lebih menyehatkan dibandingkan dengan pola diet masa kini.

10. Berhati-hati memilih bahan mentah makanan.
Apabila membeli makanan olahan perhatikan kandungan bahan-bahan mentahnya. Lihat kandungan bahan-bahan mentahnya terutama tiga bahan yang teratas. Jika terlalu banyak gula dalam makanan tersebut, sebaiknya batalkan niat anda untuk membeli apalagi memakannya.

AYO HIDUP SEHAT !!!
 

SHARE!

Tika Nurkholifa Karawang

"Bukan Apa yang diberikan Indonesia kepada kita Tapi Apa yang Kita berikan untuk Indonesia #SalamPangkalPerjuangan FORUM ANAK SINGAPERBANGSA KABUPATEN KARAWANG"

Follow


25 Mading


Cara Menjadi Orang Pintar

Kategori : Tips dan Trik

Kunci Sukses Presentasi

Kategori : Tips dan Trik